25 January 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Teknik Gerakan Tai Chi yang Bagus untuk Kesehatan

...

  • portalsatu.com
  • 12 January 2020 14:20 WIB

Ilustrasi Tai Chi. (BridgeClimb Sydney/Handout via REUTERS
Ilustrasi Tai Chi. (BridgeClimb Sydney/Handout via REUTERS

Tai chi adalah gabungan dari seni dan olahraga kebugaran yang bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh serta pikiran. Gerakan atau teknik tai chi yang dilakukan pun tak sembarangan. Terdapat gerakan atau pose tertentu yang bagus manfaatnya untuk kesehatan. 

Orang yang biasa berlatih tai chi akan mampu memasuki kondisi yang sangat rileks layaknya bermeditasi. Fokus dari latihan tai chi adalah melatih konsentrasi, mengendalikan pernapasan, serta mengatur keseimbangan dan irama tubuh layaknya air yang mengalir dengan tenang. 

Dengan melakukan ketiga hal tersebut, orang yang berlatih tai chi akan mampu membangkitkan energi dalam dalam tubuh yang dikenal dengan istilah qi. Energi qi inilah yang akan membantu pikiran dan tubuh untuk bekerja dengan penuh harmoni dan keselarasan. Tai chi memiliki gerakan-gerakan dasar sendiri yang bisa dipelajari dengan mudah oleh para pemula.

Untuk memperdalam dan menguasai tai chi, berikut teknik gerakan tai chi yang bisa dipelajari dan bermanfaat bagi kesehatan.

Gerakan Dua Purnama?
Salah satu teknik yang dikenal dalam tai chi adalah gerakan dua purnama. Dua purnama merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara mengangkat bagian tangan ke bagian depan. Kedua buah lengan diangkat dengan posisi sejajar lurus yang kemudian digerakkan ke arah samping badan. Turunkan bagian tangan ke arah belakang hingga kembali ke sisi semula.

Jika diperhatikan gerakan ini membentuk dua purnama yang melingkar sempurna. Anda dapat mengulangi gerakan dua purnama ini hingga 6 kali gerakan atau bisa juga lebih. Setelah itu kembalikan posisi kedua belah tangan dalam keadaan seperti semula.

Gerakan Membelah Air?
Gerakan tai chi selanjutnya adalah gerakan membelah air. Gerakan ini menyerupai gerakan orang yang sedang membelah samudera atau air yang luas. Gerakan ini dapat dimulai dengan menggerakkan posisi kedua belah tangan lurus ke bagian depan. Anda dapat membuat gerakan seperti teknik orang berenang atau ingin membelah air.

Setelah tangan dalam posisi menghadap ke depan lurus, gerakan tangan ke bagian samping secara perlahan-lahan. Gerakan lengan tangan ke arah samping dan akhiri seperti di posisi awal. Ulangi gerakan ini hingga berulang kali dengan menggunakan teknik pernapasan seperti semula.

Postur Ular?
Seni Tai Chi lainnya adalah postur ular. Postur ular ialah melakukan gerakan seperti tarian ular yang menyelinap ke bagian bawah ataupun atas. Gerakan dapat dimulai dengan merentangkan kedua belah tangan dengan posisi berlawanan.

Letakkan sisi lengan kanan ke bagian atas dan bagian lengan kiri ke posisi bawah. Lakukan gerakan seperti tarian ular dengan irama yang pelan. Nikmati pergerakan lengan anda dengan mempertahankan tenik pernapasan seperti semula.

Postur Harimau
Terdapat dua gerakan kunci pada postur harimau, yakni cakar harimau dan menerkam mangsa. Cakar harimau berfokus pada gerakan di perut, dada, leher, dan kepala sembari mempertahankan tegak tulang belakang. Kemudian tahan perut dan dada saat Anda melakukan gerakan tersebut.

Sementara gerakan menerkam mangsa berfokus pada stabilitas tubuh bagian bawah, berkembang dari kuda ke kuda-kuda kosong dengan perubahan di pusat gravitasi Anda. Fokus pada pinggang yang mendorong gerakan lengan, membuat dua lingkaran vertikal saat Anda mengangkat lengan ke atas.

Gerakan ini bertujuan untuk melatih kekuatan otot lengan bawah, pinggang, tulang belakang dan lumbar, dan paru-paru.

Postur Rusa
Gerakan ini mengaktifkan Yang Chi dengan menstimulasi meridian Qi sehingga cocok untuk menyembuhkan penyakit pada leher, bahu, pinggang, punggung, bahu kaku, serta baik untuk ginjal dan kandung kemih.

Terdapat dua gerakan kunci, yakni rusa bertabrakan dan berjalan seperti rusa. Gerakan bertabrakan fokus pada kekuatan pinggang, ginjal, lumbar, dan tulang ekor. Gerakan dimulai dari merilekskan bahu hingga pinggang, kemudian melebarkan sisi pinggang.

Gerakan berjalan seperti rusa yakni berpose seperti busur dengan meluruskan satu lengan arah horisontal dan meluruskan (vertikal) tulang belakang. Pose ini bertujuan untuk melenturkan tulang belakang dengan merangsang otot dan jaringan ikat di pinggang, punggung, punggung bawah, dan daerah sakrum.

Lihat juga: Manfaat Tai Chi, Kuatkan Otot hingga Cegah Penyakit Kronis

Postur Beruang
Terdapat dua gerakan kunci pada postur beruang, yakni memutar pinggang seperti beruang dan berayun seperti beruang. Gerakan ini secara umum meningkatkan sirkulasi qi di limpa dan perut, mengendurkan sendi pinggul, menguatkan otot pinggang, menguatkan otot-otot kaki, menjaga keseimbangan, organ perut bagian dalam, pencernaan, menambah nafsu makan, serta mencegah sembelit.

Gerakan memutar pinggang seperti beruang berfokus menciptakan lingkaran vertikal pada pinggang, kemudian tangan, lengan, bahu, dan kepala mengikuti gerakan pinggang. Sementara kaki dan tubuh bagian bawah santai dan terpusat.

Gerakan bergoyang seperti beruang berfokus untuk menciptakan stabilitas tubuh bagian bawah dalam posisi jongkok. Pinggang mendorong rotasi tubuh yang menciptakan lengan yang berayun.

Postur Monyet
Terdapat dua gerakan kunci pada postur monyet, yakni monyet mencakar dan gerakan memetik buah. Secara umum gerakan ini melancarkan sirkulasi qi ke otak, melancarkan pernapasan, menguatkan otot jantung, meningkatkan sirkulasi darah di otak, mengurangi gugup, depresi, dan gelisah.

Gerakan monyet mencakar berfokus dengan menciptakan postur seakan-akan memanjat sambil mengangkat tumit dan mempertahankan tulang punggung dan kepala yang tegak. Saat Anda mengangkat lengan ke atas, perut dan anus seiring ditahan dan dilepaskan.

Sementara gerakan memetik buah berfokus pada tubuh bagian bawah dengan menciptakan fondasi dan tubuh bagian atas yang stabil. Lengan bebas bergerak, meregang, terbuka, tertutup kemudian diulang secara simetris.

Postur Burung Bangau
Terdapat dua gerakan kunci pada postur burung bangau, yakni pose membentang ke atas dan terbang seperti bangau. Secara umum pose keduanya melancarkan sirkulasi qi dan darah di semua meridian, meningkatkan keseimbangan, menguatkan pernapasan, meningkatkan kapasitas paru-paru, menyembuhkan bronkitis dan emfisema paru.

Gerakan bangau membentang ke atas berfokus pada ketahanan tubuh bagian bawah sembari mengangkat kedua lengan dengan terbuka sejajar posisi dada seperti sedang mengepakkan sayap. Kemudian, pastikan jika telapak tangan anda menghadap ke bagian bawah dengan ujung jemari yang saling menyentuh satu sama lain. 

Setelah itu gerakan dapat dilanjutkan dengan membuka bagian tangan secara perlahan ke bagian samping secara lurus dan tegap. Letakkan posisi tangan seperti gerakan menebarkan sayap. Tahan gerakan dan kembalikan posisi tangan ke arah dada seperti semula. Ulangi gerakan ini hingga berulang kali dengan pengaturan napas yang sama.

Sedangkan gerakan terbang seperti bangau berfokus pada menciptakan stabilitas dengan berdiri pada satu kaki. Kuda-kuda yang stabil akan memastikan keseimbangan tubuh bagian atas. Kemudian angkat lengan sambil merilekskan bahu dan siku, dan pergelangan tangan.

Manfaat Tai Chi
Jika gerakan-gerakan Tai Chi ini rutin dilakukan setiap hari, kita akan merasakan manfaat yang luar biasa, tak hanya untuk meningkatkan kebugaran tubuh sekaligus menyembuhkan sejumlah penyakit, namun juga menghilangkan stres, mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan konsentrasi.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.