26 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tidur Cukup Bisa Buat Orang Menanggapi Peristiwa dengan Lebih Baik

...

  • MERDEKA
  • 20 September 2020 20:02 WIB

Tidur, ilustrasi. @Dok Majalah Bobo
Tidur, ilustrasi. @Dok Majalah Bobo

Baik di kala sedih maupun gembira, seseorang pasti memiliki repons yang berbeda dalam berbagai suasana. Tanggapan yang keluar sebagai respons ini bisa sangat menentukan seseorang dinilai sebagai sosok menyebalkan atau menyenangkan.

Beberapa faktor juga diketahui bisa memengaruhi tanggapan yang keluar dari seseorang ini. Salah satu hal yang bisa berpengaruh adalah jumlah jam tidur.

Ketika seseorang kurang tidur dibanding biasaanya, respons mereka cenderung lebih buruk. Hal ini membuat dampak yang muncul cenderung lebih negatif.

Dilansir dari Medical Xpress, hasil penelitian dari University of British Columbia mengungkap bahwa setelah kurang tidur, seseorang cenderung lebih emosional dalam menghadapi stres. Selain itu, mereka juga kurang bisa menikmati hal menyenangkan yang terjadi.

Penelitian ini dipimpin oleh psikolog kesehaatan dari UBC, Nancy Sin. Penelitian ini menyoroti bagaimana tidur memengaruhi reaksi kita baik pada peristiwa yang negatif maupun positif di kehidupan sehari-hari.

"Ketika seseorang mengalami hal positif seperti dipeluk atau menghabiskan waktu di alam, mereka biasanya lebih gembira pada hari tersebut," terang Nancy Sin.

"Namun kami menemukan bahwa ketika seseorang kurang tidur dibanding biasanya, mereka tidak mendapat cukup suntikan emosi positif dari kegiatan positif yang terjadi," sambungnya.

Kondisi kesehatan kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker merupakan hal yang rentang dialami orang dewasa terutama semakin kita tua. Penelitian sebelumnya mengungkap bahwa seseorang dengan kondisi kesehatan tertentu lebih reaktif jika mengalami situasi penuh tekanan terutama karena sistem psikologis stres.

"Kami juga tertarik mengetahui apakah orang dewasa dengan kondisi kesehatan kronis mungkin memperoleh manfaat lebih besar dari tidur dibanding pada orang dewasa sehat," terang Sin.

"Bagi mereka dengan kondisi kesehatan kronis, kami mengetahui bahwa jam tidur lebih lama dibanding biasanya bisa menghasilkan respons lebih baik pada pengalaman positif pada esok harinya," tandasnya.[]sumber:merdeka.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.