20 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tips Bagi Kamu yang Ingin Menaikkan Berat Badan Setelah Puasa

...

  • PORTALSATU
  • 10 June 2018 10:00 WIB

KETIKA sebagian orang berupaya keras menurunkan berat badan, sebagian lainnya justru ingin memiliki tubuh yang lebih berisi. Ya, tubuh yang kurus memang tidak selalu tampak bagus. Bukan hanya penampilan terlihat tidak ideal, hal ini juga bisa jadi merupakan salah satu pertanda adanya masalah kesehatan.

Sebenarnya, ada beragam penyebab badan kurus kerempeng, yaitu faktor genetika, aktivitas fisik, penyakit, obat-obatan, atau masalah psikologis. Namun, apa pun penyebabnya, berat badan hanya akan kembali naik jika Anda tahu cara yang tepat untuk mewujudkannya.

5 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

1. Menambah Frekuensi Makan

Cara paling sederhana untuk menambah berat badan adalah menambah frekuensi makan. Jika biasanya Anda hanya makan 2-3 kali sehari, cobalah untuk makan 4-5 kali sehari. Atur menu serta waktu makan dengan cermat sehingga selera tetap terjaga.

Acap kali, berat badan tidak kunjung naik karena nafsu makan berkurang. Berkurang atau hilangnya nafsu makan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya masalah emosional dan masalah pencernaan. Apabila penyebabnya masalah emosional, misalnya Anda sedang mengalami kesedihan mendalam, strategi yang dapat dilakukan adalah makan dalam porsi kecil, tetapi sering.

2. Bio Strath Untuk Menambah Nafsu Makan

Sementara itu, jika penyebabnya adalah masalah pencernaan, hal ini tentu perlu diatasi terlebih dahulu. Pencernaan yang terganggu dapat membuat perut Anda terasa penuh setiap saat, sehingga mempengaruhi nafsu makan Anda. Selain itu, penyerapan makanan pun juga terganggu karena masalah pencernaan ini.

Suplemen seperti Bio Strath memiliki kandungan yang berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan tubuh, yang pada akhirnya dapat mengembalikan dan meningkatkan nafsu makan Anda. Bio Strath sendiri berbahan dasar 100% alami yang mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Anda juga bisa menambah berat badan dengan strategi mengudap atau makan penganan di luar waktu makan. Misalnya, di antara jam sarapan dan makan siang atau di antara jam makan siang dan makan malam. Ada banyak pilihan kudapan sehat dan bernutrisi yang bisa dipilih, seperti jagung rebus, buah kurma, kacang kedelai, salad sayur, dan sebagainya.

3. Cermat Memilih Menu Makanan

Selain menambah frekuensi makan, cara menambah berat badan lainnya adalah cermat memilih menu yang akan dikonsumsi. Alangkah baiknya jika menu tersebut bernutrisi lengkap dan seimbang. Selain itu, jika Anda bertujuan menambah berat badan, makanan yang sebaiknya dipilih adalah jenis makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi.

Perlu diketahui, kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas fisik yang dilakukan. Dengan tambahan 500-1000 kalori per hari, berat badan dapat naik 1 kg per minggu. Namun, hal ini harus dilakukan secara bertahap supaya pencernaan tidak kaget dan bermasalah.

Sumber kalori bukan hanya karbohidrat, tetapi lemak dan protein. Sama seperti karbohidrat, tiap 1 gram protein mengandung 4 kalori. Sementara itu, tiap 1 gram lemak mengandung 9 kalori. Dengan perhitungan ini, pilihan menu pun bisa lebih beragam. Contohnya, Anda bisa menambahkan keju parut pada roti lapis atau telur dadar pada sup untuk menambah jumlah kalori.

Akan tetapi, Anda juga sebaiknya tetap berhati-hati memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Jangan sampai, tubuh justru mendapatkan asupan glukosa atau lemak yang tidak sehat. Berat badan bisa jadi bertambah, tetapi kesehatan menjadi taruhannya.

4. Berolahraga

Salah satu cara menambah berat badan dengan alami dan tanpa efek samping adalah rajin berolahraga. Dengan berolahraga, otot akan terbentuk sehingga hal ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap berat badan. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan adalah aerobik, berenang, bersepeda taktis, dan mengangkat beban.

Selain itu, olahraga rutin juga dapat membangkitkan nafsu makan. Penelitian menyebutkan, tekanan fisik maupun emosional dalam jumlah tertentu akan membuat tubuh mengirimkan sinyal akan kebutuhan asupan gula dan lemak dalam jumlah yang lebih besar. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon kortisol diimbangi dengan tingginya hormon insulin. Dampaknya, nafsu makan pun bertambah.

5. Istirahat yang Cukup

Waktu tidur yang tidak berkualitas akan membuat metabolisme tubuh tidak lancar. Akibatnya, nutrisi yang masuk ke tubuh tidak bisa diolah secara maksimal. Meskipun frekuensi makan bertambah atau pilihan menu sudah seimbang, jika tidak didukung oleh metabolisme tubuh yang bekerja dengan baik, hasilnya akan sama saja. Untuk itu, jika Anda berniat menambah berat badan, aturlah waktu bangun dan tidur seideal mungkin.

National Sleep Foundation merekomendasikan jam tidur yang baik sebagai berikut :

  • Anak usia 6-13th sekitar 9-11 jam per hari
  • Remaja usia 14-17th sekitar 8-10 jam per hari
  • Dewasa usia 18-64th sekitar 7-9 jam per hari
  • Orang tua usia 65th keatas sekitar 7-8 jam per hari

Nah, demikianlah 5 cara menambah berat badan secara benar dan alami. Mudah sekali, bukan?[]Sumber:harvestsupplement.com

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.