26 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Yang Harus Dimakan dan Dihindari untuk Pasien Diabetes Tipe 2

...

  • VIVA
  • 21 November 2020 18:45 WIB

@Shutterstock/Dasha Petrenko
@Shutterstock/Dasha Petrenko

Untuk pasien diabetes, sangat penting untuk menjaga pilihan makanan mereka. Mereka harus menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah mereka, yang semakin memperburuk gejalanya. Namun kebanyakan orang sering kali bingung menentukan pilihan makanannya. 

Ahli diet yang berbasis di Chandigarh, Shreya, berbicara dengan Etimes Lifestyle mengatakan bahwa diabetes adalah suatu kondisi yang menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi. Ini adalah kondisi kronis, tetapi dapat dikelola bahkan dibalik dengan perubahan gaya hidup dan pola makan yang benar. 

Berikut ini daftar beberapa jenis makanan yang harus dimakan pasien diabetes dan beberapa yang harus mereka hindari.

Cuka Apel

Buah hitam sarat dengan Vitamin C, Vitamin A, Besi dan nutrisi ramah kesehatan lainnya. Ini baik untuk kulit, gusi dan bahkan penyakit kronis seperti diabetes.

Ahli diet merekomendasikan cuka apel untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Anda hanya perlu menambahkan satu sendok teh cuka apel dalam setengah gelas air dan minum ramuan tersebut 15 menit sebelum sarapan dan makan siang.

Biji Methi

Atau biji fenugreek kecil mengandung serat larut yang tinggi, yang dapat memperlambat proses pencernaan dan mencegah lonjakan tiba-tiba dalam kadar gula darah. Tambahkan 2 sendok makan biji fenugreek dalam 6 gelas air dan biarkan semalaman. Minum air ini di pagi hari.

Makan sarapan GI rendah 

Makanan Indeks Glikemik (GI) rendah meningkatkan kadar glukosa secara perlahan di tubuh. Jadi, mengonsumsi makanan rendah GI di pagi hari dapat membantu mengelola kadar gula darah dengan mudah. Oatmeal, merupakan beberapa pilihan sarapan sehat untuk pasien diabetes.

Buah dan sayuran lain untuk dimakan

Selain itu, ada beberapa buah dan sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Mentimun, tomat,  lobak, pepaya, pir, semangka, apel, jeruk, lemon manis, dan labu botol harus menjadi bagian dari makanan biasa.

Buah dan sayuran yang harus dihindari 

Ada beberapa sayuran dan buah-buahan yang harus dihindari sepenuhnya oleh pasien diabetes karena diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah. Kentang, ubi jalar, nangka, mangga, anggur, kurma, pisang, bit dan wortel adalah beberapa produk alami yang harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas atau sebaiknya dihindari.

Untuk pasien diabetes, penting untuk makan secara teratur untuk menjaga kadar gula darahnya tetap terkendali. 
Waktu makan yang tidak teratur sering kali menyebabkan hipoglikemia atau hiperglikemia, yang keduanya memiliki ancaman kesehatan yang besar. Jadi, penting mengatur waktu makan Anda.[]sumber:viva

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.