25 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aceh Hari Ini: UGM Bantu Pendirian Unsyiah

...

  • ISKANDAR NORMAN
  • 14 January 2020 09:05 WIB

Kantor KPA Unsyiah [foto: google]
Kantor KPA Unsyiah [foto: google]

Pada 14 Januari 1961 Presiden (Rektor) Universitas Gajah Mada (UGM) menyatakan kesediaan UGM untuk membantu proses pendirian Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

Univeritas Syaih Kuala (Unsyiah) Banda Aceh di Provinsi Aceh dengan Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta memang punya hubungan sejarah yang sangat erat. Universitas Gajah Mada yang dibangun pada 19 Desember 1949 punya peran dalam pendirian Univertias Syaih Kuala pada 2 September 1961.

Ketika para pemimpin Aceh hendak mendirikan Universitas Syiah Kuala, sarjana-sarjana Aceh lulusan Universitas Gajah Mada diminta kembali ke Aceh untuk membangun dunia pendidikan Aceh. Tapi itu saja tidak cukup untuk memenuhi syarat pendirian sebuah universitas.

Ketua Panitia Persiapan Pendirian Universitas Syiah Kuala meminta kepada Rektor Universitas Gajah Mada untuk membantu tenaga pengajar, karena sejak tahun 1959 Aceh sudah mendirikan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kedokteran Hewan sebagai cikal bakal lahirnya Universitas Syiah Kuala.

Permintaan itu dibalas oleh Rektor Universitas Gajah Mada pada 14 Januari 1961 melalui surat bernomor No.28/Sn/I/61. Surat itu berisi jawaban yang meberitahukan bahwa sarjana-sarjana lulusan Universitas Gajah Madasaat itu sedang menyumbang tenaga dalam gerakan pembangunan manusia bersusila yang cakap serta berguna bagi bangsa dan negara. Mereka akan membantu mewujudkan pendirian Universitas di Aceh yang sempat terhenti karena konflik.

Jadi dikirimlah para sarjana Unversitas Gajah Mada ke Aceh, mereka bersama para sarjana Aceh lulusan berbagai universitas dan perguruan tinggi pada masa itu sama-sama menjadi pengajar di Universitas Syiah Kuala, sehingga syarat yang diperlukan untuk pendirian universitas terpenuhi.[**]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.