15 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aceh Hari Ini: Cornelis dan Frederick de Houtman Tiba di Aceh

...

  • ISKANDAR NORMAN
  • 21 June 2020 07:00 WIB

Cornelis De Houtman @google
Cornelis De Houtman @google

Pada 21 Juni 1599 dua kapal Belanda de Leeuw dan de Leeuwin berlabuh di pelabuhan ibu kota kerajaan Aceh. Kedua kapal tersebut masing-masing dipimpin oleh dua bersaudara, yaitu Cornelis de Houtman dan Frederick de Houtman.

PA Tiele dalam buku “Frederick de Houtman te Atjeh” terbitan De Indische Gids 1881 mengungkapkan, pada mulanya kedua kapal itu mendapat sambutan baik dari pihak Aceh karena diharapkan akan dapat membangun perdagangan yang baik dengan harga yang baik dari rempah-rempah dan hasil alam lainnya di Kerajaan Aceh, khususnya perdagangan lada.

Namun dalam perkembangannya, akibat hasutan oleh seorang berkebangsaan Portugis yang sudah lebih dulu dekat dengan pihak Kerajaan Aceh, sehingga dijadikan penerjemah sultan, mereka jadi tidak disenangi oleh sultan. Pihak Aceh kemudian melakukan penyerangan terhadap mereka. Yang menjadi pimpinan penyerangan itu tak lain adalah Laksamana Keumalahayati. Dalam penyerangan itu, Cornelis de Houtman dan beberapa anak buahnya terbunuh, sementara Frederick de Houtman ditawan dan dijebloskan ke dalam tahanan Kerajaan Aceh.

Frederick de Houtman mendekam dalam penjara Kerajaan Aceh selama dua tahun. Dalam masa itu ia berhasil menyusun sebuah karya ilmiah berupa kamus Melayu – Belanda yang merupakan kamus Melayu – Belanda pertama dan tertua di dunia.[**]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.