11 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aceh Hari Ini: Jenderal de Moulin Tewas di Aceh

...

  • ISKANDAR NORMAN
  • 08 July 2020 13:43 WIB

Mayor Jenderal JJK de Moulin [Repro: The Dutch Colonial War in Aceh]
Mayor Jenderal JJK de Moulin [Repro: The Dutch Colonial War in Aceh]

Setelah sukses di Prancis, Jawa dan Lombok, Mayor Jenderal Jan Jacob Karel de Moulin dikirim ke Aceh. Ia tiba di Kutaraja (Banda Aceh) pada 5 Juli 1896, menyiapkan pasukan militer Belanda untuk menyerang pertahanan pejuang Aceh di Krueng Raba, Lhoknga, Aceh Besar. Tapi tiga hari kemudian, yakni pada 8 Juli 1896 ia tewas.

Kematian Mayor Jenderal Jan Jacob Karel de Moulin di Aceh sangat misterius dan ditutup-tutupi oleh Pemerintah Kolonial Belanda. Dalam laporan militer Belanda hanya disebutkan bahwa ia tewas karena sengatan matahari.

Dalam Indisch Militair Tijdschrift pada bagian II halaman I-V, In Memoriam Jan Jacob Karel de Moulin atau dalam buku De Militaire Willemsorder 1815-1940 yang ditulis oleh GCE Koffler dan diterbitkan di Den Haag, Belanda oleh Algemene Landsdrukkerij, dijelaskan bahwa De Moulin dikirim ke Hindia Belanda pada tahun 1866 sebagai instruktur sekolah militer di Meester Cornelis (Jatinegara). Ia pernah menjabat sebagai Ketua Staf Divisi Militer I di Jawa.

Tapi pada tahun 1886 De Moulin dikirim ke Perancis dalam Korps XII. Setelah selesai tugas di Perancis, ia dikirim kembali ke Jawa pada tahun 1889 dan menjabat sebagai Komandan Artileri Divisi Militer III. Ia kemudian dikirim ke Lombok, karena kesuksesannya di Lombok pangkatnya naik menjadi Mayor Jenderal.

Karena kesuksesannya di Lombok pula Mayor Jenderal Jan Jacob Karel de Moulin dipromosikan menjadi Gubernur Sipil dan Militer Belanda di Aceh pada 21 Juni 1896. Ia diharapkan bisa meredam perang Aceh dengan Belanda yang sudah berlangsung selama 23 tahun.

Dari Batavia ia berangkat ke Aceh dan tiba di Aceh pada 5 Juli 1896. Langkah pertamanya ialah menyiapkan pasukan militer Belanda untuk menyerang pertahanan pejuang Aceh di Krueng Raba, Lhoknga, Aceh Besar. Tapi ia kemudian meninggal secara misterius di Aceh pada 8 Juli 1896.[**]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.