31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aceh Hari Ini: Kantor Tambang Minyak Sumatera Utara Pindah ke Langsa

...

  • ISKANDAR NORMAN
  • 21 February 2020 07:04 WIB

Mayor Hasbi Wahidy bersama pemimpin tambang minyak di Kuala Simpang [Repro: Talsya]
Mayor Hasbi Wahidy bersama pemimpin tambang minyak di Kuala Simpang [Repro: Talsya]

Pada 21 Februari 1949, untuk melancarkan operasional dan pengelolaannya, tambang minyak Sumatera Utara dipindahkan ke Langsa.

Pemindahan kantor dan operasional pengelolaan tambang minyak Sumatera Utara ke Langsa itu dilakukan oleh Pemimpin Umum Kantor Pusat Tambang Minyak Republik Indonesia di Sumatera Utara, Abdurachman.

Meski pemindahan diumumkan pada 21 Februari 1949, tapi pemindahan secara resmi sudah dilakukan sejak sebulan sebelumnya, yakni sejak 25 Januari 1949. Segala pengeluaran dan pengangkutan minyak dari satu daerah ke daerah lain juga disyaratkan harus disertai surat izin dari Tambang Minyak Sumatera Utara di Langsa.

Pemindahan dari Sumatera Utara ke Aceh itu juga dilakukan karena di Banda Aceh sudah dibuka kantor Inspektorat Tambang Minyak sebagai badan penghubung dengan Pemerintah Pusat.

Instasi, jawatan dan pengusaha dan masyarakat yang berkepentingan dengan pengadaan minyak, baik minyak lampu (minyak tanah) maupun bensin untuk kawasan Kabupaten Aceh Besar, Aceh Barat, hingga ke Aceh Selatan harus berhubungan dengan kantor Inspektorat Tambang Minyak di Banda Aceh.

Distribusi minyak ke berbagai daerah dilakukan dari pabrik-pabrik di Aceh Timur, sementara hasil penjualan minyak diterima oleh franko Langsa. Bagi yang membawa minyak keluar dari stasion Langsa harganya akan ditambah dengan ongkos pengangkutan kereta api atau motor yang ditetapkan oleh Tambang Minyak.

Berbagai kebijakan dan peraturan dari Kantor Tambang Minyak Sumatera Utara di Langsa tersebut meski diumumkan pada 21 Februari 1949, tapi baru resmi berlaku pada 1 Maret 1949.[**]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.