28 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aceh Hari Ini: Maklumat Perang Sabil Ulama Aceh

...

  • ISKANDAR NORMAN
  • 15 October 2020 08:22 WIB

Maklumat Ulama Aceh [Repro: Talsya]
Maklumat Ulama Aceh [Repro: Talsya]

Pada 15 Oktober 1945, ulama Aceh menggelar muzakarah (pertemuan) membahas upaya-upaya mengakhiri kekuasaan Jepang, dan menghalau masukknya kembali Belanda bersama Sekutu ke Aceh.

Sentimen anti Jepang di Aceh sudah sangat meruncing. Perampasan senjata terjadi di mana-mana. Petinggi Jepang di Aceh lebih banyak duduk-duduk berkumpul sesama mereka sendiri, tak banyak beraktivitas di luar. Sementara Sekutu yang diharapkan datang untuk mengendalikan suasana, belum juga bisa masuk ke Aceh.

Pada hari yang sama, kapal-kapal perang Belanda di perairan Aceh terus melakukan provokasi, mereka melakukan penembakan untuk menakut-nakuti penduduk. Dalam suasana seperti itu, ulama Aceh kemudian mengeluarkan maklumat bahwa perang mempertahankan kemerdekaan dan melawan kembalinya Belanda adalah perang sabil.

Maklumat tersebut ditandangani oleh empat orang ulama atas nama seluruh ulama Aceh. Keempat mereka adalah: Tgk Haji Hasan Krueng Kale, Tgk Muhammad Daod Beureueh, Tgk Haji Ja’far Sidik Lamjabat,  dan Tgk H Ahmad Hasballah Indrapuri. Maklumat tersebut juga ditandatangani oleh Residen Aceh Teuku Nyak Arief dan Ketua Komite Nasional Daerah Aceh Tuanku Mahmud. Isi maklumat tersebut ditulis dalam bahasa Indonesia dengan ejaan lama, seperti kutipan di bawah ini:

Makloemat Oelama Seloeroeh Atjeh

Perang doenia kedua jang maha dahsjat telah tammat. Sekarang di barat dan timoer oleh 4 keradjaan jang besar sedang diatoer perdamaian doenia jang abadi oentoek keselamatan machluk Allah. Dan Indonesia tanah toempah darah kita telah dimakloemkan kemerdekannja kepada seloereoeh doenia serta telah berdiri Repoebliek Indonesia di bawah pimpinan jang mulia maha pemimpin kita Ir. Soekarno.

Belanda adalah satoe keradjaan jang kecil serta miskin, serta satoe negeri jang ketjil lebih ketjil dari daerah Atjeh dan telah hancoer leboer. Mereka telah bertindak melakoekan kechianatannja kepada tanah air kita Indonesia jang soedah merdeka itoe, oentoek dijajahnja kembali.

Kalau maksoed jang jahannam itu berhasil maka pastilah mereka akan memeras segala lapisan rakjat. Merampas semoea harta benda negara dan harta rakjat dan segala kekajaan jang telah kita koempoelkan selama ini akan moesnah sama sekali. Mereka akan memperboedak rakjat Indonesia menjadi hambanja kembali dan mendjalankan oesaha oentoek menghapus agama Islam kita jang soetji serta menindas dan menghambat kemoeliaan  dan kemanmoeran bangsa Indonesia.

Di Jawa bangsa Belanda dengan kaki tangannja telah melakoekan keganasannja terhadap Kemerdekaan Repoeblik Indonesia hingga terjadi pertempoeran di beberapa tempat jang achirnja kemenangan berada dipihak kita. Soenggoehpoen begitoe mereka belum joega insaf.

Segenap lapisan rakjat telah bersatoe padoe dengan patoeh berdiri di belakang maha pemimpin Ir. Soekarno oentoek menoenggoe perintah dan kewadjiban jang akan dijalankan. Menoereot kejakinan kami perdjoengan ini adalah perdjoengan soetji jang disebut “Perang Sabil”

Maka pertjajalah wahai bangsakoe, bahwa perdjoeangan ini sebagai samboengan perdjoeangan dahoeloe di Atjeh jang dipimpin oleh almarhoem Tgk Tjik di Tiro dan pahlawan-pahlawan kebangsaan jang lain.

Dari sebab itoe bangoenlah wahai bangsakoe sekalian, bersatoe padoe menjoesoen bahoe mengangkat langkah madjoe kemoeka oentoek mengikoet djedjak perjoengan nenek kita dahoeleo.

Toendoeklah dengan patoeh akan segala perintah-perintah pemimpin kita oentoek keselamatan Tanah Air, Bangsa, dan Agama.

Koetaradja, 15 Oktober 1945

Atas nama Oelama seloeroeh Atjeh

Tgk Hadji Hasan Kroengkale

Tgk M Daod Beureueh

Tgk Hadji Ja’far Sidik Lamjabat

Tgk Hadji Ahmad Hasballah Indrapoeri

 

Diketahoei oleh jml T.B Residen Atjeh T. Nja’ Arief

Disetoejoei oleh jml Ketoe Comite Nasional Toeankoe Mahmoed.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.