23 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aceh Hari Ini: Panglima GAM Abdullah Syafii Syahid

...

  • ISKANDAR NORMAN
  • 22 January 2020 06:43 WIB

Panglima GAM Abdullah Syafii [foto: Google]
Panglima GAM Abdullah Syafii [foto: Google]

Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Tgk Abdullah Syafii tewas dalam sebuah pertempuran di Bukit Alue Mon, daerah pegunungan Cubo, pada 22 Januari 2002. Lebih 1.000 TNI mengepung kawasan tersebut selama seminggu.

Perang besar pecah pada 21 Januari 2002 dari pagi hingga sore. Untuk menghadapi serangan TNI, pasukan GAM yang kalah jumlah dan senjata berpencar. TNI yang sudah mengepung pengunungan Jim-Jiem dan Cubo terus merayap sampai ke Krueng Bla. Di sinilah awal pecah perang sengit. Panglima GAM Tgk Abdullah Syafii dan pasukannya terus begeser sambil membalas tembakan. Ketika perang reda, Abdullah Syafii dan pasukannya bermalam di pegunungan Alue Mon.

Pada 22 Januari 2002, Panglima GAM Tgk Abdullah Syafii syahid dalam pertempuran dengan TNI yang sudah mengepungnya di perbukitan Alue Mon. Perang yang dimulai sejak pagi dari pukul 08.00 WIB baru reda sore hari sekitar pukul 18.00 WIB. Perang itu membuat pasukan GAM terpencar. Sebagai panglima, Abdullah Syafii tidak mundur dari kecamuk perang. Ia memilih syahid, ia gugur setelah peluru TNI menembus dadanya.

Bersama Abdullah Syafii juga gugur istrinya, ummi Fatimah Binti Abdurrahman, pengawalnya Muhammad bin Ishak, dan penasehatnya Muhammad Daud bin Hasyim. Sembilan orang TNI juga tewas dalam pertempuran itu. Jasad Abdullah Syafii dan pengikutnya diambil warga dibawa ke RSUD Sigli. Keempatnya dikuburkan bersisian di belakang rumah Tgk Lah di Cubo, Pidie Jaya pada 24 Januari 2002.[**]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.