25 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aceh Hari Ini: Pasukan Meriam Nukum Sanany Menggempur Sekutu

...

  • ISKANDAR NORMAN
  • 08 January 2020 08:15 WIB

Nukum Sanany komandan pasukan meriam dari Aceh dalam perang Front Medan Area [Repro: Pasukan Meriam Nukum Sanany]
Nukum Sanany komandan pasukan meriam dari Aceh dalam perang Front Medan Area [Repro: Pasukan Meriam Nukum Sanany]

Pada 8 Januari 1947, Pasukan Meriam Nukum Sanany dan pasukan Batalyon Istimewa Divisi Rencong dari Aceh menggempur pasukan Sekutu/Belanda di Front Medan Area.

Pasukan dari Aceh ini diberangkatkan untuk memperkuat barisan pertahanan di bagian Timur Aceh dan menghadapi serangan Belanda. Pasukan bersenjata lengkap ini dikerahkan untuk membantu pertahanan di sana, serta mencegah Sekutu/NICA masuk ke Aceh.

Selain dibekali dengan senjata ringan, pasukan Batalyon Istimewa Divisi Rencong juga dibekali dengan beberapa meriam, senjata penangkis serangan pantai, senjata penangkis serangan udara, mortal, bom, serta geranat.

Di Sumatera Utara, pasukan ini ditempatkan di front Medan Barat di Kampung Lalang, berdampingan dengan pasukan meriam pimpinan Nukum Sanany. Belanda sendiri mengakui bahwa pertahanan pasukan di Kampung Lalang ini sangat kuat dan susah untuk dikalahkan, karena itu pula pasukan Belanda yang ingin bergerak ke barat untuk masuk ke Aceh selalu gagal.

Selain mengirim tentara ke Medan Area, di Aceh tepatnya di Bireuen juga dilakukan berbagai persiapan untuk menghadapi kemungkinan perang meletus di Aceh jika Belanda berhasil masuk.

Organisai-organisasi perempuan di Banda Aceh juga membuka dapur umum dan menyiapkan logistik untuk memasok makanan bagi para pejuang yang bertempur di Front Medan Area.

Lebih jelas tentang itu bisa dibaca dalam buku Modal Perjuangan Kemerdekaan (1947-1948). Buku ini ditulis oleh sejarawan Aceh yang pelaku sejarah perjuangan kemerdekaan, Teuku Alibasjah Talsya diterbitkan oleh Lembaga Sejarah Aceh (LSA) pada tahun 1990 atas bantuan Menteri Koperasi Bustanil Arifin yang juga tokoh pejuang kemerdekaan di Aceh.[**]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.