21 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aceh Hari Ini: Pertemuan Tahap Dua GAM dan RI di Swiss

...

  • ISKANDAR NORMAN
  • 23 September 2020 09:33 WIB

Delegasi RI pada perundingan damai dengan GAM [Foto: Tarikh]
Delegasi RI pada perundingan damai dengan GAM [Foto: Tarikh]

Pimpinan GAM dalam Forum Bersama di Swiss menegaskan kembali ketidaksetujuannya terhadap pemerasan yang dilakukan oleh pihak manapun, dan mendorong siapa saja yang melakukan hal itu untuk segera dilaporkan kepada TMMK.

Pada 23 September 2000, dilakukan pertemuan tahap kedua di Swiss antara Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Kedua pihak menyepakati adanya penambahan anggota komite dan perluasan wilayah kerja Tim Monitoring Modalitas Keamanan (TMMK).

Kedua pihak sepakat membentuk tim monitoring di empat kabupaten yaitu Aceh Timur, Aceh Utara, Aceh Selatan, dan Pidie. Keempat daerah ini merupakan daerah dengan eskalasi konflik yang tinggi kala itu.

Pembentukan tim monitoring ini dilandasi pada pertimbangan kemudahan dan efektivitas monitoring terhadap pelaksanaan jeda kemanusiaan. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan berbagai masukan dari masyarakat yang merasa kesulitan melaporkan setiap kejadian yang dianggap melanggar kesepakatan jeda kemanusiaan.

Selain itu tim monitoring yang ada juga merasa kewalahan memonitor pelaksanaan jeda kemanusiaan dalam jangkauan wilayah yang sangat luas, sementara itensitas kekerasan justru lebih banyak terjadi di daerah-daerah yang lokasinya sangat jauh dari Banda Aceh.

Pada pertemuan ini, kedua belah pihak juga sepakat segera memasuki perundingan tentang subtansi politik, untuk merumuskan solusi penyelesaian konflik Aceh. Pertemuan ini melahirkan petunjuk nomor tiga yang berhubungan dengan KBAK, KBMK, dan perpanjangan jeda kemanusiaan.

Forum Bersama mendorong aksi bersama KBMK dan KBAK dan pejabat Gubernur Aceh untuk bekerja sama lebih erat memfasilitasi dan mengkoordinasi penyaluran bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi. Kepada KBAK juga diminta untuk mempeluas jangkauan kerja ke daerah-daerah tingkat dua. Khususnya untuk melakukan koordinasi dengan sumber-sumber yang relevan untuk mendukung penyaluran bantuan kemanusiaan.

Terkait masalah keamanan, Forum Bersama memahami bahwa fungsi polisi normal adalah masalah pokok terhadap keberhasilan jeda kemanusiaan. Pihak-pihak dalam Forum Bersama juga menegaskan kembali komitmennya agar tidak menggunakan pengungsi untuk kepentingan politik. Mereka meminta agar TMMK segera memulangkan mereka ke rumah dengan aman.

Selain itu, Pimpinan GAM dalam Forum Bersama di Swiss menegaskan kembali ketidaksetujuannya terhadap pemerasan yang dilakukan oleh pihak manapun, dan mendorong siapa saja yang melakukan hal itu untuk segera dilaporkan kepada TMMK. Pimpinan GAM juga akan mengambil tindakan terhadap pelaku intimidasi yang mengorbankan pejabat-pejabat pemerintah daerah.

Para pihak juga sepakat untuk memperpanjang Jeda Kemanusiaan untuk Aceh  hingga 15 Januari 2001. Selama periode kedua jeda kemanusiaan ini Pemerintah RI dan GAM sepakat untuk memasuki dalam penjajakan pembahasan guna mencapai solusi politik yang komprehensif dan berkesudahan demi Aceh.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.