31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aceh Hari Ini: Teungku Chik Di Tunong Menenggelamkan Pasukan Belanda

...

  • ISKANDAR NORMAN
  • 25 November 2019 06:45 WIB

Patroli pasukan Marsose Belanda di pedalaman Aceh [Repro: The Dutch Colonial War In Aceh]
Patroli pasukan Marsose Belanda di pedalaman Aceh [Repro: The Dutch Colonial War In Aceh]

25 November 1902, Teuku Chik Di Tunong dan Cut Meutia menyusun sebuah strategi baru. Pang Gadeng salah seorang utusannya diperintahkan untuk menyebarkan berita bahwa Pasukan Teuku Chik Di Tunong akan mengadakan kenduri pada tanggal 25 November 1902 di Gampong Matang Rayeuk di seberang Sungai Samponeit.

Kampung itu dipilih karena orang harus menyebrang sungai terlebih dahulu dengan perahu untuk menuju ke sana. Isu tersebut termakan oleh Belanda. Belanda memerintahkan Letnan RDP de Kock untuk melakukan patroli ke sana dengan kekuatan 45 orang serdadu. Sampai di tepi Sungai Sampoineit Letnan Kock memerintahkan kepada pendayung perahu untuk menyebrangkan mereka.

Sesuai dengan rencana yang telah disusun oleh Teuku Chik Di Tunong dan Cut Meutia, begitu sampai di tengah sungai, si pendayung segera menenggelamkan perahunya. Karena begitu cepat dan tak terduga, pasukan Belanda yang ada di perahu itu menjadi panik. Bersamaan dengan itu, pasukan Teuku Chik Di Tunong yang berada di seberang sungai melepaskan tembakan ke arah Kock dan pasukannya yang 42 pucuk senapan mereka berhasil dirampas oleh pasukan Teuku Chik Di Tunong.

Tentang peristiwa itu juga ditulis oleh MH Du Croo dalam “General Swart Pacificator van Atjeh” Masticht: Uitgaven N.V. Leiter-Nypels, 1943. Peristiwa itu sangat memukul pemerintah Belanda, sebaliknya sangat membesarkan semangat Teuku Chik Di Tunong dan Cut Meutia. Setelah peristiwa itu, Gubernur Sipil dan Militer Belanda di Aceh, Van Heuttsz memperbesar pasukannya dengan dua batalion infantri dan enam brigade marsose di bawah pimpinan Kapten H. N. A Swart. Pasukan ini digunakan untuk melakukan operasi besar-besaran di daerah Pasai dan Keureutoe.[**]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.