22 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ketika Rasulullah Tak Menyentuh Hidangan Lezat dari Sahabat

...

  • DREAM
  • 22 April 2019 09:30 WIB

Ilustrasi Rasulullah Muhammad SAW (Foto: Shutterstock.com)
Ilustrasi Rasulullah Muhammad SAW (Foto: Shutterstock.com)

Rasulullah Muhammad SAW adalah sosok yang selalu menjaga kebersihan diri. Sampai-sampai, Rasulullah selalu membawa siwak ke mana saja.

Siwak tersebut selalu dipakai Rasulullah untuk menggosok mulutnya. Sang Nabisangat tidak ingin napasnya bau dan menganggu banyak orang.

Sebab, Rasulullah berkewajiban menyampaikan wahyu kepada umat Islam. Jika sampai mulut Rasulullah mengeluarkan bau yang kuat, tentu umat Islam saat itu jadi terganggu.

Di masa-masa awal di Madinah, Rasulullah tinggal di rumah Abu Ayyub Al Anshari. Tujuh bulan lamanya Rasulullah serumah dengan Abu Ayyub.

Untuk kebutuhan pangan, para sahabat mengirimi Rasulullah makanan. Rasulullah hanya makan seperlunya dan selebihnya diberikan kepada para sahabat lainnya.

Ini Alasannya

Suatu hari, Abu Ayyub memberikan makanan kepada Rasulullah. Awalnya semua berjalan baik-baik saja dan Rasulullah menerima makanan itu.

Tetapi, Rasulullah tidak menyentuh makanan itu. Makanan itu malah dikembalikan kepada Abu Ayyub.

Abu Ayyub keheranan dengan sikap Rasulullah. Dalam benaknya, dia bertanya mengapa Rasulullah tidak mau menyentuh makanan darinya.

Beberapa saat kemudian, Abu Ayyub memberanikan diri bertanya kepada Rasulullah. Rasulullah pun menjawab tidak ada masalah pada makanan itu, pun dengan Abu Ayyub secara pribadi.

Jawaban itu makin membuat Abu Ayyub penasaran. Jika tidak ada masalah, mengapa Rasulullah tidak mau menyentuh makanan darinya.

"Aku mencium bawang pada makanan itu. Karena statusku penerima wahyu, aku khawatir (bau itu) akan mengganggu penjaga wahyu. Kalau kalian, makanlah," ucap Rasulullah.[]Sumber: NU Online/dream.co.id

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.