19 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Masjid Tuha Indrapuri Tonggak Dua Peradaban

...

  • Fakhrurrazi
  • 07 September 2020 11:29 WIB

Masjid Tuha Indrapuri, Indrapuri, Aceh Besar  [Foto: Fakhrurrazi]
Masjid Tuha Indrapuri, Indrapuri, Aceh Besar [Foto: Fakhrurrazi]

Masjid Tuha Indrapuri merupakan salah satu masjid tertua di Aceh. Masjid ini dibangun pada masa Kerajaan Aceh dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Pemerintah menetapkannya sebagai cagar budaya.

JANTHO – Berkunjung ke Provinsi Aceh jangan lupa meudiwana ke Indrapuri, sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Besar. Di sana Anda bisa melihat salah satu situs sejarah yang sudah lama menjadi tujuan wisata Islami, yakni Masjid Indrapuri, sebuah masjid kuno yang dibangun di atas reruntuhan candi.

Dulunya bangunan masjid ini merupakan candi yang didirikan oleh Kerajaan Hindu di Aceh. Kemudian dihancurkan setelah masuk dan berkembangnya ajaran Islam di Tanah Rencong. Masjid ini didirikan pada tahun 1618 oleh Sultan Iskandar Muda.

Sebelumnya Indrapuri adalah kerajaan yang pernah dibangun oleh orang-orang Hindu di Aceh. Masjid yang penuh dengan nuansa tradisional dan unik ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Aceh Besar dan sudah di tetapkan sebagai cagar budaya oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh.

Seluruh bagunan masjid ini berkonstruksi kayu dengan ukiran kaligrafi bernuansa Timur Tengah. Masjid berbentuk bujur sangkar ini dengan bentuk persegi panjang, dibangun di atas tembok undakan empat lapis tumpangan yang terbuat dari batu kapur bercampur tanah liat.

Bangunan seperti benteng pertahanan ini masih dipertahankan sampai saat ini. Hanya beberapa sudut bagian yang dipugar, sehingga tampak indah. Saat hendak memasuki masjid, jemaah atau pengunjung harus melewati pintu utama sebelah timur. Di depannya terdapat kolam yang biasa digunakan jemaah mencuci kaki sebelum masuk ke dalam masjid untuk menunaikan salat.

Masjid Tuha Indrapuri merupakan salah satu masjid tertua di Asia Tenggara. Masjid ini  menjadi pusat masuknya ajaran Islam di Aceh pada masa itu. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa peninggalan bersejarah dari kerajaan yang berada di Aceh.

Pengurus Masjid Tuha Indrapuri, Tgk Sarniadi menjelaskan, masjid tersebut bukan hanya digunakan masyarakat sebagai tempat ibadah salat lima waktu saja, melainkan juga digunakan sebagai tempat pertemuan dan penelitian dan kegiatan ibadah lainnya.

“Kini masjid ini tak hanya digunakan untuk salat saja, melainkan juga anak-anak mengaji dan tempat penelitian para arkeolog yang ingin meneliti sejarah Islam dan Hindu di Aceh,” ungkapnya

Meskipun Masjid Tuha Indrapuri sudah dimasukkan sebagai Situs Cagar Budaya oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Aceh, namun pelaksanaan salat rawatib lima waktu, serta kegiatan keagamaan lainnya masih berlangsung sampai saat ini.

Mesjid Tuha Indrapuri berada di Jalan Banda Aceh-Medan, tepatnya di Gampong Pasar Indrapuri, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Jarak tempuh dari pusat Kota Banda Aceh sekitar 24 kilometer ke arah timur Aceh. Masjid ini persis berada di bantaran krueng (sungai) Aceh.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.