21 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sang Penghunus Pedang Pertama Pembela Rasulullah

...

  • PORTALSATU
  • 10 January 2019 19:00 WIB

KITA mengenal Ali bin Abi Thalib, Umar bib Khattab dan Khalid bin Walid sebagai para sahabat yang gagah berani.

Namun mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa orang yang pertama kali menghunus pedang di jalan Allah adalah Zubair bin Awwam.

Informasi ini diperolen dari Aurah dan Ibnu al-Musayyib. Keduanya berkata, Laki-laki pertama yang menghunuskan pedangnya di jalan Allah adalah Zubair.

Peristiwa tersebut terjadi saat Rasulullah SAW diganggu. Dan, Zubair adalah sahabat yang pertama kali menghunuskan pedangnya kepada orang-orang yang mengganggu Nabi SAW.

Dari Jabir bin Abdillah RA, suatu ketika Rasulullah SAW bersabda pada hari Perang Ahzab, Siapa yang akan memerangi Bani Quraidhah? Zubair menjawab, Saya.

Beliau kembali bertanya, Siapa yang akan memerangi Bani Quraidhah?

Zubair kembali merespon, Saya

Lalu Rasulullah bersabda, Sesungguhnya setiap nabi memiliki hawari (teman-teman setia). Dan hawariku adalah Zubair.

Kemuliaan dan keberanian Zubair dalam membela Islam telah membuat malaikat Jibril tampil dengan fisik Zubair bin Awwam di Perang Badar.

Diriwiyatkan dari Aurah bin Zubair, dia berkata, Hari itu Zubair mengenakan mantel kuning. Lalu Jibril turun dengan menyerupai Zubair. Di Perang Badar, Rasulullah menempatkan Zubair di sayap kanan pasukan. Lalu ada sosok Zubair mendekati Rasulullah. Beliau berkata kepadanya, Perangilah mereka wahai Zubair! Lalu orang itu menjawab, Aku bukan Zubair. Akhirnya Rasulullah mengetahui bahwa itu adalah malaikat yang Allah turunkan dengan sosok Zubair untuk membantu kaum muslimin di Perang Badar. []

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.