18 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sosok Umamah, Cucu Perempuan yang Amat Dicintai Rasulullah

...

  • DREAM
  • 11 July 2019 23:30 WIB

Surga. @Pinterest
Surga. @Pinterest

 Rasulullah Muhammad SAW adalah pribadi yang sangat mencintai keluarga. Terutama kepada para cucunya.

Seringkali Rasulullah menggendong, menciumi, dan bermain dengan para cucu. Tidak jarang Rasulullah sholatsembari menggendong cucu-cucunya.

Mungkin banyak yang tahu cucu Rasulullah adalah si kembar Hasan dan Husein. Mereka adalah anak dari Fatimah.

Fatimah adalah putri bungsu Rasulullah dari istri pertama, Khadijah. Dia menikah dengan sahabat sekaligus keponakan Rasulullah, Ali bin Abi Thalib.

Selain Hasan dan Husein, Rasulullah juga memiliki cucu perempuan yang sangat dicintai, Umamah binti Amr Al Ash. Ayah Umamah adalah Amr bin Al Ash dan ibunya adalah Zainab, putri sulung Rasulullah dengan Khadijah.

Dari Zainab sebenarnya Rasulullah memiliki dua cucu, laki-laki dan perempuan. Sayangnya, kakak Umamah, Ali, meninggal saat masih kecil.

Perlakuan Istimewa Rasulullah SAW Kepada Umamah

Kecintaan Rasulullah terlihat dari perlakuannya saat memberikan hadiah kepada Umamah. Hadiah itu berupa berhiasan yang cantik.

Suatu hari, Rasulullah mendapat sejumlah perhiasan dari Negus yang salah satunya berupa cincin emas. Cincin itu lalu diberikan Rasulullah kepada Umamah.

"Hiasilah dirimu dengan ini, gadis kecil," kata Rasulullah kepada Umamah.

Dalam riwayat lain dari Ali bin Zaid bin Jid'an, pernah suatu hari Rasulullah pulang membawa kalung batu onyx. Kepada keluarga, Rasulullah mengatakan akan memberikan kalung itu kepada orang yang paling dicintai.

Para istri dan anak Rasulullah mengira Aisyah yang akan mendapatkan kalung itu. Ternyata, perkiraan mereka tidak terbukti.

Rasulullah memanggil Umamah dan ketika bocah perempuan itu datang, kalung tersebut diletakkan di tangannya. Lalu, Rasulullah mengusap mata Umamah yang terlihat ada kotoran.

Bagi masyarakat Arab kala itu, sikap Rasulullah yang sangat mencintai para cucunya dianggap aneh. Sebab, hubungan kakek dan cucu di sana sangat kaku dan keras.[]Sumber:NU Online/dream.co.id

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.