26 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Teladan Indah Imam Ahmad Bin Hanbal Mengoreksi Muridnya

...

  • portalsatu.com
  • 28 October 2020 11:00 WIB

Ilustrasi era dinasti Ottoman. @Aksitarih.com
Ilustrasi era dinasti Ottoman. @Aksitarih.com

"Astagfirullah, mengapa tuan guru tidak sampaikan langsung saat di majlis saya?" tanya Yahya.

"Ssssttt... jangan keras-keras. Aku khawatir istri dan anak-anakmu terbangun dan mendengar obrolan kita," tukas Imam Ahmad.

"Aku hanya ingin menjaga marwahmu di hadapan murid-muridmu dan juga istri dan anak-anakmu. Itulah mengapa aku tidak mengoreksimu langsung di majlis ilmu senja tadi. Itu pula mengapa aku berkunjung larut malam agar istri dan anak-anakmu sudah tertidur dan tidak mendengar pembicaraan kita. Biar kau saja nanti yang meluruskan penjelasan Hadis tersebut kepada murid-muridmu," tutur Imam Ahmad melanjutkan.

Yahya bin Ma'in berkaca-kaca menyimak adab tuan gurunya. Ia memeluk tuan gurunya hangat. Guru dan murid mulia itu berpelukkan dalam ikatan ukhuwah dan dakwah.

Indah sekali demonstrasi adab yang ditampilkan Imam Ahmad. Inilah cara indah seorang guru mengoreksi muridnya. Kisah ini mengingatkan kita dengan kisah Rasulullah ??? ???? ???? ???? ketika mengoreksi kesalahan sahabat sekaligus muridnya, Khawad. Teladan indah ini kembali didemonstrasikan olehImam Ahmad rahimahullah.

Adakah adab serupa dipraktikkan para guru di sekolah-sekolah dan madrasah-madrasah kita? Karena, guru adalah sang arsitek peradaban.

Wallahu A'lam.[]sumber:sindonews.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.