18 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


The Black Death, Wabah Penyakit yang Membuat Manusia Mati Massal

...

  • PORTALSATU
  • 27 November 2018 09:30 WIB

Ilustrasi. Foto: istimewa/net
Ilustrasi. Foto: istimewa/net

The Black Death atau Wabah Maut Hitam ialah salah satu wabah terburuk dalam sejarah umat manusia. The Black Death membuat ribuan manusia mati secara massal.

Wabah ini menyerang Eropa pada abad ke-14 hingga ke-19, 500 tahun mereka disiksa penyakit mematikan yang belum diketahui obatnya.

Wabah ini sebenarnya diakibatkan oleh bakteri pestis Yersinia yang menyerang getah bening seseorang. Getah bening lantas berubah hitam akibat diserang penyakit ini yang masuk melalui kulit.

Bakteri ini disebarkan oleh tikus yang kala itu tumbuh subur di Eropa. Hewan pengerat itu membawa kutu penyebab bakteri pestis Yersinia dan menjangkiti manusia.

Parahnya, manusia yang terkena wabah ini secara tak sadar menularkan kepada manusia sehat lainnya. Hal inilah yang menyebabkan kematian massal.

Pernyataan itu diperkuat oleh hasil penelitian dari Katherine Dean, dari University of Oslo. "Hasil kami mendukung bahwa ektoparasit manusia adalah vektor utama untuk wabah selama pandemi kedua, termasuk maut hitam," seperti dikutip dari CNN.

Ilmu medis yang belum maju saat itu mengenai wabah ini malah publik berpikir jika The Black Death adalah kutukan dari dewa atau penyihir. Bahkan masyarakat Eropa sempat melaksanakan ritual aneh yang dimaksudkan untuk mengusir wabah ini.

Sampai saat ini WHO mencatat nyatanya wabah ini masih ada sampai sekarang meski dalam skala kecil. Namun endemi sudah berpindah ke Afrika, tepatnya pada 2017 lalu 171 jiwa di Madagaskar mati karena The Black Death.

Penulis: Seto Ajinugroho.[]Sumber: grid.id/kompas.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.