26 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


'Belajar Inggris', Ide di Tengah Pandemi

...

  • PORTALSATU
  • 15 September 2020 13:48 WIB

Rizka Maulida Cs, pendiri 'Belajar Inggris'. Foto Istimewa
Rizka Maulida Cs, pendiri 'Belajar Inggris'. Foto Istimewa

SUASANA Pandemi Covid-19 tidak selamanya menjadi hambatan bagi setiap orang untuk beraktivitas. Sebagian orang bahkan kondisi ini memunculkan ide-ide kreatif untuk membuka usaha sesuai ilmu atau keterampilan yang dimiliki.

Seperti yang kini dijalankan oleh tiga jebolan terbaik FKIP Bahasa Inggris dari UIN dan Unsyiah. Dengan modal patungan, mereka membuka kursus atau bimbingan  belajar (Bimbel) Bahasa Inggris untuk semua kalangan yang diberi nama "Belajar Inggris".  

Mereka adalah Fajarrullah, Rizka Maulida dan Haris Rahmat Pratama. Bimbel yang beralamat di Jalan Cumi-cumi No. 15, Lampriet, Kota Banda Aceh itu mereka launching sekaligus peusyijuk (ala adat Aceh), Selasa,15 September 2020.

"Ide ini berawal setelah ditundanya sebuah projek mengajar Bahasa Inggris pada salah satu SMA di Banda Aceh. Projek yang mestinya mulai berjalan sejak Juli-September 2020 itu ditunda karena situasi Pandemi Covid-19," kata Rizka Maulida, salah seorang dari tiga pendiri Belajar Inggris ini.

Awalnya, kata Rizka, setiap jam siang siswa-siswi kelas 1 pada SMA tersebut akan disisip pelajaran Bahasa Inggris yang pematerinya adalah ketiga pencetus Bimbel tersebut. Namun, Pandemi Covid-19 yang belum reda membuat semua sekolah menghentikan aktivitas belajar tatap muka.

"Lalu kami bertiga mufakat bagaimana kalau wacana mengajar di kelas-kelas sekolah ini diubah saja dengan membuka bimbingan belajar di tempat khusus. Sehingga kami sepakat untuk membuka Belajar Inggris ini," jelasnya.

Ada beberapa jenis kelas yang mereka tawarkan lewat Belajar Inggris tersebut. Mulai dari kelas dasar, menengah, atas bahkan bagi mahasiswa pascasarjana dan dari berbagai profesi lainnya. 

Seperti Program Kids untuk usia 5-15 tahun: Kelas Little Fairy 1-2, Fun 1-2, Jumper 1-2, dan Story Telling Class. Apa yang akan didapat dari kelas Little Fairy?

"Pengenalan phoenics, pengucapan bahasa, mempelajari kosakata, menggunakan kosakata atau mempelajari kalimatnya, menggunakan kalimat, berlatih dialog, fokus keterampilan dan komunikasi," rinci Rizka

Sedangkan kelebihan Kelas Little Fairy yakni workbook pembelajaran berkualitas, sistem pembelajaran terdiferensiasi (differentiated intsructions), pemetaan kemampuan anak, melatih kreativitas dengan belajar sambil bermain, partisipasi orang tua.

Kemudian ada Program Adults: IELTS Dulu, TOEFL Class, Public Speaking Class dan
Translation. Kelas ini untuk kalangan dewasa, mahasiswa, mahasiswa pascasarjana dan pekerja dari berbagai bidang profesi termasuk bimbingan Bahasa Inggris bagi mereka yang hendak bekerja ke luar negeri. 

Sedangkan sistem belajarnya sesuai permintaan para siswa-siswi yang hendak belajar atau menambah wawasan di Belajar Inggris. Boleh lewat daring (Online) atau belajar tatap muka. Pengajar di Belajar Inggris juga dibantu oleh sejumlah pengajar yang handal dalam berbahasa Inggris. Belajar tatap muka selama Pandemi Covid-19 juga tetap mengacu protokoler kesehatan standar WHO.[]

Editor: Juli Amin

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.