13 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Imam Masjid Ini Dipecat Gegara Patuhi Larangan Salat Berjamaah Cegah Covid-19

...

  • REPUBLIKA
  • 19 April 2020 18:32 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

Pimpinan Cabang Daerah Zaria dari Jama'atu Izalatil Bid'a Wa'iqamatis Sunnah (JIBWIS) memecat seorang imam. Pasalnya, sang imam mematuhi larangan Pemerintah Negara Bagian Kaduna di Nigeria tentang sholat berjamaah. Imam Malam Abubakar Sarki-Aminu telah memimpin sholat di Masjid Syekh Abubakar Mahmood Gumi Juma'at, Kofar Gayan, wilayah ekonomi rendah Zaria, selama hampir 40 tahun.

Ketua JIBWIS, Syekh Sani Yakubu, mengonfirmasi adanya pemecatan tersebut. Namun, ia menolak berkomentar lebih lanjut tentang masalah ini. Dia mengarahkan Ketua Komite masjid, Alhaji Shehu Dan-Maikuli, untuk berbicara atas namanya.

Dan-Maikuli mengatakan, sebelum memecat Imam Malam Abubakar, ada beberapa masalah antara Imam dan komite masjid, yang akhirnya diselesaikan. “Setelah rapat, disepakati Imam harus menyelenggarakan pertemuan komite bulanan untuk membahas masalah dan prospek Masjid. Namun, setelah rapat itu, kami menghabiskan lebih dari empat tahun tanpa satu pun pertemuan," ujar Dan-Maikuli dikutip di Punchng, Sabtu (18/4).

Ketika isu Covid-19 ini datang, suatu hari Imam hanya berdiri setelah memimpin sholat Zhuhur. Ia pun mengumumkan bahwa sejak hari itu ia menunda sholat berjamaah sampai masalah Covid-19 selesai.

“Ketika saya datang untuk sholat Ashar, saya diberi tahu bahwa Imam memerintahkan untuk menutup Masjid.  Saya meneleponnya untuk menanyakan dan dia berkata, ya dia telah memerintahkan agar masjid ditutup,” katanya.

Dan-Maikuli menambahkan, Imam Malam Abubakar tidak mengonsultasikan hal tersebut kepadanya sebagai ketua komite atau anggota komite lainnya sebelum mengambil keputusan itu. Komite masjid lantas melaporkan kasus tersebut kepada Ketua JIBWIS dan pemimpin daerah Zaria, yang datang pada hari Rabu (15/4), dan memimpin sholat Isya (malam). Setelah itu, mereka mengumumkan memecat Imam Malam Abubakar dan menggantikannya dengan Imam Malam Ahmad Tijjani.

Di sisi lain, Imam Malam Abubakar mengatakan, keputusannya untuk menghentikan sholat berjamaah untuk menghormati arahan pemerintah dan kepentingan kesehatan masyarakat. Ia menyebut, ketika kasus pandemi Covid-19 ini muncul di Nigeria, setelah beberapa saat, Pemerintah Negara Bagian Kaduna menyatakan ibadah Jumat dilarang dan pertemuan apa pun di atas 50 orang harus ditangguhkan.[] Sumber: republika.co.id

Lengkapnya baca di sinihttps://republika.co.id/berita/q8yts2430/patuhi-larangan-sholat-berjamaah-imam-masjid-dipecat

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.