25 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Rektor Unimal Soal Calon Tenaga Kerja Untuk KEK Arun

...

  • Fazil
  • 06 February 2019 18:00 WIB

Rektor Unimal, Herman Fithra. Foto: istimewa
Rektor Unimal, Herman Fithra. Foto: istimewa

LHOKSEUMAWE - Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal), Dr. Herman Fithra, M.T., mengatakan kampus ini siap berperan sebagai pusat pelatihan terhadap calon tenaga kerja bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun. Herman menyebutkan, hal itu sudah dibicarakan dengan PT Patriot Nusantara Aceh (Patna), Badan Usaha Pembangunan dan Pengelola (BUPP) KEK Arun.

"Jadi, hal ini sudah kita komunikasikan, dan Insya Allah segera akan diimplementasikan. Misalkan, di Laboratorium Jurusan Teknik Mesin Unimal, akan menjadi pusat pelatihan dimaksud. Selain itu, Unimal mungkin juga akan menjadi pusat pelatihan kelistrikan, maka hal seperti itulah nantinya akan dikembangkan di kampus ini," ujar Herman usai silaturahmi dengan para jurnalis, di Aula Meurah Silue Gedung Pascasarjana Unimal, Lhokseumawe, Rabu, 6 Februari 2019.

Menurut Herman, PT Patna sepakat untuk menjadikan Unimal sebagai mitra dalam mempersiapkan calon tenaga kerja terampil. Selain itu, pihaknya ke depan akan berupaya agar lulusan dari Unimal dibekali dengan kompetensi. Artinya, mahasiswa yang konsentrasinya terhadap ilmu tertentu akan magang di perusahaan migas di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Setelah magang mereka diberikan sertifikat kompetensi.

"Sehingga dengan adanya sertifikat kompetensi itu diharapkan ke depan para mahasiswa tersebut (setelah kuliah) dapat lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Kita melihat pihak PT Patna menyambut baik hal tersebut," kata Herman.

Di samping itu, kata Herman, pihaknya juga mendorong PT Patna lebih aktif dalam mencari investor untuk berinvestasi di KEK Arun, sehingga ke depan akan tercipta lapangan kerja baru.

Sementara itu, dalam silaturahmi dengan puluhan jurnalis, Herman berharap dukungan agar pihaknya dapat terus mengembangkan Unimal menjadi lebih baik lagi. "Dukungan dari semua pihak, terlebih media massa tentunya sangat kita harapkan supaya kampus ini dapat lebih berkembang dari berbagai aspek," kata Herman.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.