30 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Badan Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Narkoba Kepada Pelajar SMA di Aceh Utara dan Lhokseumawe

...

  • portalsatu.com
  • 22 November 2019 23:45 WIB

Foto: Wacana
Foto: Wacana

ACEH UTARA – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh bekerja sama dengan Wartawan Cegah Narkoba (Wacana) Aceh menggelar sosialisasi bahaya Narkoba kepada para pelajar dari sejumlah SMA sederajat di Aceh Utara dan Lhokseumawe, 21-23 November 2019. 

Sosialisasi pencegahan dan penanganan Narkoba diikuti para siswa SMA Negeri 1 Syamtalira Aron, Aceh Utara, berlangsung di aula sekolah itu, Kamis, 21 November 2019. Sosialisasi mengangkat tema “Menyelamatkan Generasi Milenial dari Pengaruh Narkoba” itu dibuka Kasubbid Ketahanan Ekonomi dan Sosial Budaya Badan Kesbangpol Aceh, Surya Edi Rahman, mewakili Kepala Badan Kesbangpol Aceh, Drs. Mahdi Efendi. Turut hadir Kapolsek Syamtalira Aron, dan tamu undangan lainnya.

Panitia menghadirkan sejumlah narasumber/pemateri, di antaranya Sri Afrianti, S.Psi. (Kasi Penyakit Tidak Menular/PTM dan Kesehatan Jiwa/Keswa Dinas Kesehatan Aceh Utara), Roys Fahlevi (motivator, Ketua Sekolah Pemimpin Muda Aceh/SPMA), dan Sugito Tassa (Ketua Umum Wacana).

Kasubbid Ketahanan Ekonomi dan Sosbud Badan Kesbangpol Aceh, Surya Edi Rahman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Narkoba merupakan kejahatan luar biasa. Oleh karena itu, Badan Kesbangpol Aceh mengajak semua elemen masyarakat, termasuk kaum milenial atau generasi muda untuk memperkuat barisan dan menyatukan langkah secara bersama-sama ikut mencegah peredaran dan penyalahgunaan Narkoba.

Surya Edi Rahman berharap dengan adanya sosialisasi tersebut para pelajar SMAN 1 Syamtalira Aron mengetahui dampak buruk dari Narkoba yang dapat merusak masa depan generasi muda. “Para pelajar SMA ini merupakan calon pemimpin di masa akan datang. Sebagai generasi muda masa depan bangsa, pelajar harus memiliki mental yang kuat dan terbebas dari penyalahgunaan Narkoba,” ujarnya.

Para pelajar yang mengikuti kegiatan itu diharapkan juga bisa menjadi Duta Anti-Narkoba atau corong pemerintah dalam melakukan sosialisasi bahaya Narkoba kepada para pelajar lainnya maupun masyarakat luas.

Ketua Umum Wacana Aceh, Sugito Tassan, menambahkan saat ini peredaran Narkoba tidak hanya terjadi di perkotaan, tapi semakin meluas sampai ke desa-desa, bahkan mulai masuk ke lingkungan sekolah. Menurutnya, para pelajar atau kalangan remaja sangat rentan terpengaruh Narkoba. Oleh sebab itu, pihaknya melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan Narkoba kepada generasi muda agar jangan sampai kaum milenial terlibat peredaran dan penyalahgunaan barang haram tersebut.

Dalam sosialisasi itu, Sugito Tassan memaparkan materi dengan tema “Bahaya Narkoba Bagi Kehidupan Pelajar”. Sedangkan Sri Afrianti dari Dinas Kesehatan Aceh Utara menyampaikan tentang “Narkoba Dalam Tinjauan Psikologis”, dan Roys Fahlevi memotivasi para pelajar SMA itu dengan “Membangun Kreativitas Tanpa Narkoba”.

Adapun sosialisasi bahaya Narkoba kepada para pelajar dari sejumlah SMA sederajat di Lhokseumawe, berlangsung di Hotel Lido Graha, Jumat, 22 November 2019. Kegiatan itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan Aceh Cabang Lhokseumawe, Anwar, dihadiri Kasubbid Ketahanan Ekonomi dan Sosbud Badan Kesbangpol Aceh, Surya Edi Rahman, dan perwakilan guru. Panitia menghadirkan sejumlah pemateri, di antaranya Kepala BNN Kota Lhokseumawe AKBP Fakhrurrozi, Fadli Thalib, S.Pd. (Guru SMKN 3 Lhokseumawe, guru berprestasi di Aceh), Roys Fahlevi, dan Sugito Tassan.

Badan Kesbangpol Aceh bekerja sama dengan Wacana dijadwalkan juga melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut di SMAN 1 Samudera, Aceh Utara, yang pesertanya dari sejumlah SMA sederajat di wilayah tersebut.[](adv)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.