05 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Banyak Pemuda Gampong Ingin Berdakwah
Begini Cara Tim HUDA Melatih Pemuda Jadi Kader Dakwah

...

  • PORTALSATU
  • 02 January 2020 01:10 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BIREUEN - Gampong Blang Me Barat, Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bireuen, menyelenggarakan Training Kader Dakwah (TKD) I untuk para pemuda bekerja sama dengan Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Bireuen yang menyediakan pemateri dan instruktur untuk kegiatan tersebut.

Mengangkat tema “Membangun Gampong sebagai Basis Dakwah Ahlussunnah Wal-Jama’ah”, acara tersebut diikuti 37 pemuda gampong yang antusias dan terlibat aktif dalam setiap sesi acara, 1 Januari 2020.

Bertindak sebagai instruktur, Tgk. Zulkarnaini Isba dan Tgk. Jamhur Radhi. Sementara pemateri diisi Tgk. Saifuddin dan Tgk. Khairul Amri bersama para Team Trainer HUDA Angkatan I membantu para peserta dan mengkoordinasikan dengan baik jalannya kegiatan ini.

Ketua umum PB-HUDA, Tgk. Muhammad Yusuf A. Wahab bersama rombongan turut hadir memberikan dukungan. “Dengan training ini, saya berharap akan lahir kader-kader dakwah di tingkat gampong," pesannya.

Sejalan dengan pesan tersebut, Tgk. Zulkarnaini Isba menjelaskan kepada peserta training bahwa dakwah tidak harus dengan berpidato di atas mimbar. "Namun dakwah adalah mengajak orang lain kepada kebaikan, dan itu bisa dilakukan oleh semua orang termasuk pemuda Gampong Blang Me Barat," ujarnya.

Kegiatan training ini dirancang oleh Team Trainer HUDA sesuai dengan selera pemuda yang tidak terlalu suka diceramahi. Sehingga sedikit waktu untuk materi lebih banyak kepada mendengar keluhan dan saran, melakukan diskusi dan presentasi. Dan praktek langsung seperti membuat aturan belajar yang disepakati bersama dan pemilihan pemimpin kelas yang dipandu oleh Tgk. Jamhur Radhi dengan menampung dan menyelaraskan keinginan dari para peserta.

Dalam kaitan untuk berdakwah, tentu saja para pemuda harus dibekali dengan ilmu, terutama ilmu fardhu a’in. Hal ini ditekankan pemateri Tgk. Khairul Amri, dan pemantapannya dibantu Tgk. Saifuddin.

Sesi demi sesi berlangsung, para pemuda terlibat aktif dalam diskusi dengan topik “Kendala Menuntut Ilmu Fardhu A’in dan Solusinya”. Mereka mengutarakan solusi di atas kertas yang disediakan dan dipresentasikan perwakilan masing-masing kelompok.

Dukungan penuh dari para perangkat Desa Blang Me Barat dan HUDA membuat acara ini berjalan sesuai harapan. Di akhir acara banyak pemuda gampong yang mengusulkan supaya acara tersebut dilanjutkan, bahkan ada yang mengusulkan dilakukan sebulan sekali.

Mereka sangat terharu berkumpul bersama tanpa mengharap materi atau akomodasi, benar-benar ikhlas hadir untuk memperoleh ilmu dan pengalaman.

Dari pengalaman melakukan training di Gampong Blang Me Barat, Team Trainer HUDA menemukan hal yang sangat bermakna, yaitu banyak pemuda gampong yang masih ingin berubah menjadi baik dan berdakwah mengajak orang lain kepada kebaikan. Namun faktor budaya lingkungan yang tidak peduli kepada dakwah, juga mereka tidak mengetahui bagaimana melakukannya, sehingga berdiam diri. 

"Apabila semua pemuda gampong berdakwah, maka lingkungan yang baik, persatuan dan kesatuan adalah hasil yang tidak terelakkan".[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.