16 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Beri Kuliah Umum di IAIN Lhokseumawe, Ini Disampaikan Haji Uma

...

  • PORTALSATU
  • 10 August 2017 16:00 WIB

LHOKSEUMAWE -- Anggota DPD RI asal Aceh Sudirman alias Haji Uma menyampaikan kuliah umum kepada seratus lebih mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe, Rabu, 9 Agustus 2017.

Materi disampaikan Haji Uma tentang pentingnya membangun kompetensi yang berakhlak menuju peradaban Islam. Materi ini diangkat agar selaras dengan latar belakang jurusan mahasiswa yang hadir.

Kehadiran senator asal Pase tersebut disambut antusias oleh mahasiswa dan sivitas akademika, diterima langsung Dr. Hafifuddin dan Wakil Dekan I Muhammad Shaleh.

"Kompetensi yang dimaksud ialah betul-betul andal dalam serapan dan ilmu yang dipelajari sehingga nantinya bisa diandalkan, sehingga tidak terjebak oleh cover yang dibingkai dengan titel sarjana. Diharapkan nantinya bisa mewarnai pembangunan dan kesejahteraan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah," kata Haji Uma kepada mahasiswa.

Setiap orang, katanya, harus berakhlak mulia dan berperilaku santun. Semua itu, menurutnya akan mencegah seseorang dari keangkuhan dan ego yang berdampak pada pelayanan kepada orang lain.

"Dilema di negeri kita masyarakat dibuat seperti mengemis dalam mendapatkan pelayanan, apakah itu pelayanan kesehatan ataupun pelayanan perizinan lainnya, semua itu akibat akhlak yang kurang baik," ujarnya lagi.

Informasi yang diterima portalsatu.com, Haji Uma juga memaparkan tentang peradaban Islam yang menjadi substansi pokok yang harus dimiliki oleh setiap orang.

"Kita dituntut harus memiliki landasan berpijak yang bersyariat Islam, hidup berbudaya dengan tidak melupakan nilai historis, hanya bagi yang kenal Tuhan dan mengenal budaya serta sejarah yang bisa melanjutkan estafet bangsa ini," katanya melalui keterangan tertulis.[] (*sar)

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.