24 September 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Gandeng ALC, Dispusip Aceh Jaya Kembangkan Sistem Perpustakaan

...

  • portalsatu.com
  • 09 April 2018 18:30 WIB

@Istimewa
@Istimewa

BANDA ACEH – Sejumlah alumni dan mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry yang tergabung dalam Aceh Library Consultant (ALC) melakukan kegiatan bedah perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Jaya. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 7-8 April 2018.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Aceh Jaya, Drs. H. Abdullah Sufi, melalui Kabid Perpustakaan, Nurussalim Bantasyam, SH disela-sela kegiatan bedah perpustakaan mengatakan secara umum keberadaan dan citra perpustakaan masih sangat rendah, masyarakat pengguna perpustakaan masih memandang sebelah mata tentang eksistensi perpustakaan.

Menurutnya, perpustakaan khususnya perpustakaan umum Kabupaten Aceh Jaya harus berupaya membenahi diri, meningkatkan layanan dan memberikan kesan yang positif, sehingga akan mempengaruhi frekuensi kunjungan pemustaka.

“Di era modern ini perpustakaan harus pandai memoles diri. Jika dulu pengelolaan administrasi dan penelusuran informasi di perpustakaan dilakukan secara manual. Di era digital ini, perpustakaan harus berbenah diri dengan mengikuti perkembangan teknologi,” kata Nurussalim.

Sementara itu, Direktur Aceh Library Consultant (ALC), T. Ade Vidyan Maqfirah, S.IP melalui Manager Program dan Kerjasama, Arkin, S.IP mengatakan bahwa selama 2 hari pihaknya bersama sejumlah mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan fokus pada bedah perpustakaan dan pengembangan sistem automasi berbasis software Inlislite.

“Selain bedah perpustakaan dan sistem kita juga bertanggungjawab membekali para staf untuk pelatihan dan pendampingan sistem perpustakaan”,kata Arkin selaku penanggungjawab bedah perpustakaan di D

Kehadiran para mahasiswa dan alumni Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dipimpin langsung oleh Direktur ALC, T. Ade Vidyan Maqfirah, S.IP bersama sejumlah relawan masing-masing Arkin, Wandi Syahputra, Zulfiqri.[] (Rilis)

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.