21 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Ketua BEM Soal Tiga Calon Rektor Unimal

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 29 July 2018 16:40 WIB

Ketua BEM Unimal, Muslem Hamidi. @dok. pribadi
Ketua BEM Unimal, Muslem Hamidi. @dok. pribadi

LHOKSEUMAWE – Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Malikussaleh (BEM Unimal), Muslem Hamidi, menilai tiga calon rektor yang sudah ditetapkan senat adalah figur terbaik dari delapan bakal calon.

“Alhamdulillah proses penetapan tiga calon rektor telah berjalan dengan baik dan lancar kemarin. Kita ucapkan selamat kepada tiga calon rektor yang telah ditetapkan. Bagi bakal calon rektor yang gugur, kita juga berterima kasih telah sama-sama berusaha berbuat demi kemajuan Unimal ke depan,” kata Muslem Hamidi kepada portalsatu.com, Ahad, 29 Juli 2018.

Muslem menyebutkan, pada prinsipnya kedelapan bakal calon rektor itu adalah dosen-dosen terbaik di Unimal. Namun, sesuai ketentuan, dari delapan bakal calon itu, Senat Unimal harus memilih dan menetapkan tiga calon rektor melalui tahapan penyaringan.

“Ketiga calon rektor yang telah ditetapkan, setelah kita melihat visi misi pada penyampaian kemarin, kita dapat menilai bahwa memang ketiga calon rektor ini adalah yang terbaik dari keseluruhan. Kita harap dari ketiga calon ini nantinya ketika dipilih (salah satunya) menjadi Rektor Unimal bisa membawa Unimal ke depan menjadi lebih baik lagi. Kita juga yakin ketiga calon rektor ini bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik,” ujar Muslem.

Muslem melanjutkan, soal siapa yang lebih tepat dan layak memimpin Unimal ke depan dari tiga calon rektor itu, biarlah nanti para anggota senat yang akan memutuskan. “Kita sebagai mahasiswa yang juga bagian dari sivitas akademika hanya bisa mendoakan yang terbaik,” katanya.

“Kita juga akan menyuarakan apa yang kami anggap perlu dan penting untuk disuarakan. Seperti persoalan baca Alquran bagi setiap calon (rektor) yang selama ini kita suarakan. Ini kita rasa sangat perlu dan bahkan bagi kita wajib untuk dilakukan. Semoga ini diberlakukan nantinya bagi ketiga calon rektor terpilih agar Unimal dipimpin oleh orang-orang yang amanah,” ujar Muslem.

Sebelumnya, Senat Unimal menetapkan tiga calon rektor yang akan dipilih pada Agustus 2018. Ketiga calon rektor itu ditetapkan senat dalam tahapan penyaringan seusai penyampaian visi dan misi delapan bakal calon di Aula Cut Meutia Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Sabtu, 28 Juli 2018.

Ketiga calon rektor tersebut Dr. Herman Fithra, S.T., M.T. (Dosen Fakultas Teknik), yang meraih suara terbanyak yaitu 27 suara, Iskandar Zulkarnaen, S.E., M.Si., Ph.D. (Dosen Fakultas ISIP) enam suara, dan Dr. Ir. Wesli, M.T. (Dosen Fakultas Teknik) satu suara. Sedangkan satu suara lainnya abstain. Ketiga nama itu ditetapkan setelah dipilih oleh 35 anggota Senat Unimal melalui tahapan penyaringan calon rektor. (Baca: Senat Unimal Tetapkan Tiga Nama Calon Rektor)

Visi misi

Herman Fithra, Iskandar Zulkarnaen dan Wesli sudah menyampaikan visi dan misi dalam Rapat Senat Terbuka saat mereka masih bakal calon rektor. Berikut visi dan misi mereka yang dirangkum portalsatu.com:

Herman Fithra mengungkapkan, ia akan menjadikan kampus ini sebagai universitas riset yang kompetitif dalam perkembangan global berbasis kearifan lokal. Menurut Herman, pengembangan pendidikan tinggi perlu dilakukan dalam berbagai disiplin ilmu yang berbasis kearifan lokal guna meraih keunggulan akademik dan profesional.

"Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara merata untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat menuju taraf kehidupan yang lebih baik. Selain itu, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mencapai kualitas keunggulan akademik dan profesionalitas dengan meningkatkan sumber daya manusia sesuai bidangnya masing-masing," ujar Herman.

Menurut Herman, itu semua akan diwujudkan melalui kerja sama dan meningkatkan kemitraan dengan pemerintah daerah serta perusahaan industri lainnya baik dalam maupun luar negeri.

Sedangkan Iskandar Zulkarnaen mengatakan, visi kepemimpinan adalah terselenggaranya kepemimpinan kolegial yang amanah untuk mewujudkan Unimal sebagai perguruan tinggi global yang profesional, berdaya saing dan berakhlakul karimah. Iskandar akan membangun manajemen kepemimpinan kolegial yang amanah berbasis komunitas, serta mengembangkan sistem tata kelola berdasarkan sistem merit dalam rangka meningkatkan intelektualisme dan profesionalisme tenaga pendidik dan pegawai.

"Saya akan menciptakan Unimal sebagai kampus yang ramah dan nyaman dengan membangun academic atmosphere yang kondusif, juga membangun interaksi akademik yang islami, sehat, kompetitif dan menyenangkan dalam jaringan internasional," ujar Iskandar.

Iskandar menyatakan, dirinya juga akan mengembangkan sistem pembelajaran berkualitas untuk membentuk mahasiswa yang memiliki karakter akhlakul karimah yang beriman, berilmu dan beramal.

Sementara itu, Wesli mengusung visi “Universitas Malikussaleh Hebat”, dengan penjabaran harum, efisien dan efektif, bersama, akuntabel dan transparan (Hebat).

"Saya akan menunjukkan bukti, bukan janji. Jika nantinya terpilih sebagai Rektor Unimal maka saya melakukan pembinaan atau pengembangan studi terhadap semua program studi dan jurusan secara terencana dan merata," kata Wesli.

Wesli berjanji akan melakukan pengembangan dan pembangunan pendidikan di Unimal yang lebih baik. Menurut Wesli, peningkatan dan pengembangan prodi perlu penanganan yang sistematis serta terencana dengan baik dan terukur agar cita-cita universitas dapat terwujud.[] (Fazil)

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.