21 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Wali Kota Banda Aceh saat Buka Raker STAIN Teungku Dirundeng

...

  • PORTALSATU
  • 19 April 2019 14:00 WIB

Aminullah Usman. Foto: istimewa
Aminullah Usman. Foto: istimewa

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menyampaikan sejumlah hal yang harus dilakukan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh dalam mencetak lulusan agar mampu bersaing di Era 4,0. Yakni memiliki ciri khas ilmu agama, mampu berbahasa asing dan menguasai teknologi.

Hal tersebut disampaikan Aminullah Usman saat membuka Rapat Kerja STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dalam rangka menyusun program kerja tahun 2020 di Hotel Grand Naggroe, Banda Aceh, 18 April 2019. Kegiatan tersebut direncanakan dilaksanakan hingga 20 April 2019.

Aminullah mengatakan, menguasai tiga hal tersebut mahasiswa diharapkan siap untuk bersaing dengan lulusan dari alumni-alumni kampus lain. “Tiga hal ini menjadikan lulusan akan lebih mudah bersaing di dunia kerja,” ungkapnya.

Aminullah menjelaskan, lulusan memiliki ciri khas ilmu keagamaan itu dimaksudkan agar STAIN mampu mencetak mahasiswa yang mampu tampil dalam masyarakat jika ada hal berkaitan dengan keagamaan Islam. “Setidaknya bisa menjadi penasihat keagamaan di lingkungannya,” ujar dia.

Aminullah menyebutkan, pentingnya bahasa Asing bagi para lulusan STAIN. Dia berharap para lulusan dapat mempromosikan Aceh dan potensi daerah-daerah di Aceh ke dunia internasional. Aminullah menambahkan, dengan dikuasainya bahasa maka para lulusan perguruan tinggi nantinya dapat berpeluang lebih besar dalam memiliki pekerjaan.

Tak kalah penting, kata Aminullah, penguasaan teknologi. Dia menjelaskan, satiap lulusan perguruan tinggi harus dibekali dengan kemapanan teknologi, tak harus lulusan informatika, tetapi semua lulusan termasuk lulusan STAIN yang berbasis keagamaan. “Di Era 4,0 ini teknologi bukanlah kebutuhan, tetapi kewajiban,” jelasnya.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag., mengatakan, “Raker ini harus menghasilkan rencana pembangunan STAIN jangka panjang hingga 2023”.

Acara tersebut dihadiri Kakanwil Aceh Drs. HM. Daud Pakeh. Hadir sebagai pemateri Sekretaris Ditjen Pendis Kemenag RI, Dr. Imam Syafi'e, dan Kepala Satuan Pegawai Internal (SPI) UIN Ar Raniry, Dr. A. Jalil Salim, M.A.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.