18 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Inspiratif! Muh Hamzah Amirullah, Tukang Becak yang Jadi Sarjana

...

  • PORTALSATU
  • 21 November 2018 09:10 WIB

Muh Hamzah Amirullah. Foto via intiari.grid.id
Muh Hamzah Amirullah. Foto via intiari.grid.id

Masih ingat dengan Raeni?

Tahun 2014 lalu, Raeni dinobatkan sebagai wisudawati terbaik di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Nama wanita yang berusia 25 tahun tersebut menjadi viral setelah dirinya diantar ayahnya, Mugiono, menggunakan becaknya saat wisuda di Unnes.

Kisah Raeni pun langsung diapresiasi banyak orang bahwa setiap orang bisa meraih prestasi setinggi-tingginya tanpa pemikiran siapa dirinya atau siapa keluarganya.

Bahkan ada informasi yang menyebutkan bahwa Raeni juga mendapatkan beasiswa S2 di University of Birmingham dan lulus pada Desember 2016 lalu.

Kisah inspiratif mirip Raeni terjadi lagi.

Dilansir tribunnews.com, 19 November 2018, seorang tukang becak asal Majene berhasil menjadi sarjana di Universitas Terbuka Majene. Dikutip dari laman resmi Universitas Terbuka (UT) Majene, tukang becak tersebut bernama Muh. Hamzah Amirullah.

Hamzah berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang sederhana. Ia menggunakan upah mengayuh becak dan pekerjaan tambahan lainnya untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.

Hamzah memilih menempuh perguruan tinggi di Universitas Terbuka (UT) Majene. "Dengan berbekal hasil upah mengayuh becaknya tiap hari dan kerjaan tambahan yang digelutinya seperti mengangkat batu, ia melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi.”

“Ia menempuh pendidikan lanjutan di Jurusan Manajemen Universitas Terbuka (UT) Majene," tulis laman resmi UT Majene.

Hamzah berhasil lulus menjadi sarjana di UT Majene dengan perolehan IPK 3,49.

Saat Hamzah wisuda, ia mengantar ibunya mengendarai becak yang kesehariannya ia gunakan untuk mencari uang biaya sekolahnya. Bahkan saat Hamzah mengantar ibunya itu juga viral di media sosial.

Hamzah mengayuh becak miliknya ke tempat wisuda bersama ibunya yang menumpang di becaknya.

Dari video yang viral, Hamzah tampak semangat mengayuh becak itu mengenakan pakaian wisuda. Tidak sedikit warganet yang memuji perjuangan Hamzah. "Saya salut, pantang menyerah," tulis akun Facebook, Andi Saepul.

"Semoga sukses, amin," tulis akun Facebook, Hardi Putra Tunggal.

Universitas Terbuka Majene juga sempat memberikan doa untuk Hamzah melalui laman resminya. "Semoga sukses selalu untuk Hamzah dan semoga kisahnya ini menjadi penyemangat dan inspirasi bagi kita semua," tulis laman resmi UT Majene.

(Teta Dian Wijayanto)[]Sumber: intisari.grid.id/Tribun-video.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.