23 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mahasiswa Aceh di Turki Dukung Aksi Tolak PT EMM

...

  • portalsatu.com
  • 11 April 2019 11:30 WIB

Muhammad Haykal, ketua Ikamat
Muhammad Haykal, ketua Ikamat

Ikatan Mahasiswa Aceh di Turki (Ikamat) turut menyikapi unjuk rasa mahasiswa di Kantor Gubernur Aceh sejak Selasa lalu. Unjuk rasa itu untuk menolak perusahaan tambang, PT EMM beroperasi di Nagan Raya dan Aceh Tengah.

Ketua Ikamat, Muhammad Haykal, mengatakan, peristiwa tersebut telah berhasil menyita perhatian seluruh warga Aceh, tidak terkecuali masyarakat Aceh yang bermukim di luar daerah maupun luar negeri.

"Oleh sebab itu, atas nama seluruh mahasiswa dan masyarakat Aceh di Turki, kami merasakan perlunya menyampaikan pendapat dan pernyataan sikap kami terhadap kejadian tersebut," kata Haykal, 11 April 2019. 

Melalui surat terbuka yang dikirimkan ke grup WhatsApp Aceh Turki, Haykal mengatakan, Ikamat mendukung aksi seluruh komponen masyarakat dan mahasiswa Aceh untuk menyampaikan hak bersuaranya dalam suasana aman dan kondusif.

"Ikamat mendukung pencabutan izin PT. EMM demi menyelamatkan sumber daya alam Aceh. Ikamat meyakini dan menegaskan bahwa aksi mahadmaha tersebut adalah dalam rangka membela kepentingan rakyat Aceh. Jika bertentangan dengan kebijakan pemerintah maka diskusi adalah solusi akhirnya," katanya. 

Haykal mengatakan, Ikamat mengecam tindakan aparat kepolisian yang melebihi batas wajar dengan menggunakan water canon dan gas air mata. 

"Ikamat meminta Pemerintah Aceh dan Lembaga Wali Nanggroe untuk bertanggung jawab dan memberikan solusi terhadap apa yang terjadi di Beutong. Ikamat mengajak seluruh elemen masyarakat Aceh untuk bersikap adil serta tetap mengamati proses yang berjalan, dengan menjamin keamanan bagi seluruh masyarakat Aceh," kata Haykal.[] Rilis

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.