19 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mahasiswa KKN Unimal K205 Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik

...

  • portalsatu.com
  • 13 November 2020 15:59 WIB

Mahasiswa KKN Unimal di Simeulue [Foto: IST]
Mahasiswa KKN Unimal di Simeulue [Foto: IST]

SINABANG --  Mahasiswa KKN Skema Balik Kampung (KKN-BK) Universitas Malikussaleh Kelompok 205 melaksanakan program kegiatan pembuatan tong sampah dan plang edukasi terkait lama waktu mengurai sampah plastik ragam jenis.

Kegiatan itu salah satu dari beberapa program kerja yang dilaksanakan oleh 4 mahasiswa dalam melaksanakan KKN di Desa Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Selasa, 11 November 2020.

Kelompok tersebut beranggotakan 4 Mahasiswa, yaitu Fitra Nanda (Ilmu kelautan), Rolan Kandiano (Ilmu Kelautan), Zul Wansah (Pendidikam Vokasional Teknik Mesin), dan Roni Saputra (Teknik Mesin).

Roni Saputra menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menerapkan pola hidup sehat serta pentingnya menjaga kebersihan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya sampah plastik bagi lingkungan.

"Upaya ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, serta mengurangi penggunaan bahan plastik,"  kata Roni.

Tong sampah dan papan edukasi mengurai sampah dipasang di depan Masjid Nurul Huda dan Kantor Desa Air Dingin. Papan yang berbahan kayu itu terdiri atas 7 plang yang menjabarkan terkait waktu untuk mengurai ragam jenis sampah plastik. Masing-masing plang itu pun langsung ditempeli sampah plastik.

Kepala Desa Air Dingin, Mardian menyambut kegiatan mahasiswa tersebut. Ia berharap apa yang dilakukan mahasiswa itu dapat memberikan kesadaran dan pemahaman bagi masyarakat tentang menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Dosen Pembimbing Lapangan Hasan Basri. S.H., M.H, juga mengapresiasi kinerja mahasiswa yang sedang mengikuti KKN di Desa Air Dingin tersebut. "Saya mengapresiasi kinerja mahasiswa KKN ini karena memberikan pemahaman bagi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan bahaya sampah plastik yang membutuhkan waktu hingga ratusan tahun baru bisa terurai," ungkapnya.[rilis]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.