27 March 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mahasiswa UIN Ar Raniry Diminta Berkontribusi Membentuk Karakter Bangsa

...

  • portalsatu.com
  • 25 December 2016 15:00 WIB

BANDA ACEH - Para calon generasi intelektual Muslim, khususnya mahasiswa UIN Ar Raniry Banda Aceh, diminta untuk mampu menjadi generasi penerus yang berkepribadian baik dan membangun bagi bangsa serta negara. Terlebih kondisi bangsa Indonesia saat ini sudah sangat memprihatinkan, pembinaan karakter generasi bangsa seakan luput dari perhatian masyarakat, sehingga diperlukan peran mahasiswa sebagai calon intelektual Muslim untuk memunculkan kembali perubahan.

Harapan ini disampaikan salah satu cendikiawan Muslim Indonesia, Prof Dr. Azyumardi Azra, MA, saat memberikan kuliah umum tentang peran intelektual dalam membangun karakter bangsa, di Aula Lantai III Pascasarjana UIN Ar Raniry, Banda Aceh, Sabtu, 24 Desember 2016. Kuliah umum ini merupakan salah satu agenda yang disisip dalam pelantikan pengurus Senat Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh periode 2016-2017.

“Pembinaan karakter generasi kita harus dimulai dari orangtua, perlunya pembinaan karakter anak. Mahasiswa juga harus menjadi generasi yang dapat mengubah kondisi ini kedepan,” kata Azyumardi.

Harapan ini disikapi secara baik oleh Ketua Senat Mahasiswa Pascasarjana UIN Ar Raniry, Lismijar, MA. Dia berjanji akan menjadikan senat untuk terus berkontribusi dalam pembentukan karakter bangsa.

Lismijar juga berkomitmen akan menjadikan senat mahasiswa ke depan sebagai sarana aspiratif yang kritis guna membentuk generasi muda berkarakter. Hal ini dilakukan dengan pemberdayaan potensi di segala bidang, serta memfokuskan semua program-program kerja kepada setiap bidang dengan inovasi dan kreativitasnya. 

“Apalagi di dalam pengurus senat tahun ini diisi oleh orang-orang hebat seperti mantan Sekjend UIN Ar-Ranirry, Khairul Laweung, mantan Senat Fakultas Ushuluddin Munazir Khalis, sejumlah mantan gubernur Fakultas di UIN Ar-Ranirry dan wartawan,” kata Lismijar.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Pascasarjana UIN Ar-Ranirry, Prof Dr Rusydi Ali Muhammad, Wakil Direktur I Pascasarjana UIN Ar-Ranirry, Dr Salman Abdul Muthalib LC MA, Wakil Rektor III bagian kemahasiswaan UIN Ar-Ranirry, Prof Dr Syamsul Rijal MA dan puluhan mahasiswa UIN Ar-Ranirry.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.