18 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Meriahkan History Expo 3, Ruman Aceh Buka Pojok Baca Gratis

...

  • PORTALSATU
  • 27 November 2018 11:30 WIB

Foto: Ruman Aceh
Foto: Ruman Aceh

BANDA ACEH -  Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (Ruman) Aceh membuka pojok baca gratis memeriahkan History Expo Himpunan Mahasiswa Sejarah FKIP Unsyiah.

Pojok baca tersebut dibuka selama berlangsungnya History Expo, Senin - Kamis, 26-29 November 2018, di lobi Gedung FKIP Unsyiah, pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

Sekretaris RUMAN Aceh, Rizky Sopya, S.Pd., mengatakan pihaknya menyediakan puluhan buku sejarah terdiri dari sejarah Islam periode awal, sejarah Indonesia, sejarah Aceh dan juga sejarah dunia.

“Selain bisa dibaca di tempat, buku-buku ini bisa dipinjam secara gratisan dengan cara yang sangat mudah. Modalnya hanya saling jujur, saling percaya dan saling tanggung jawab,” ujar Rizki.

Di antara kajian sejarah yang dihidangkan TBM Ruman Aceh adalah “Api Sejarah Jilid 1 & 2”, karya A. Mansur Suryanegara, “Tan Malaka, Gerakan Kiri Indonesia dan Revolusi Indonesia, jilid 1-4” karya Harry A Poeze, “Asal Mula Konflik Aceh” karya Anthony Reid dan 3 jilid “Ensiklopedia Kebudayaan Aceh”.

“Kajian tentang Tan Malaka menjadi buku yang paling banyak dilihat oleh pengunjung pada hari pertama kemarin,” ujar Winda, relawan Ruman Aceh yang baru menyelesaikan studi magister dari Institut Teknologi Bandung.

Ridha, salah seorang mahasiswa jurusan sejarah FKIP Unsyiah mengungkapkan kabahagiaannya saat melihat buku-buku di pojok baca Ruman Aceh. “Ada beberapa buku yang belum pernah kami lihat sebelumnya karena terbitan lama dan saat ini sudah tidak dicetak lagi. Nah, yang paling asyik lagi, Ruman Aceh membolehkan kami meminjam buku tersebut," ujar dia.

Ruman Aceh juga menampilkan beberapa produk handicraft (keterampilan tangan) kreasi ibu-ibu rumah tangga keluarga duafa binaannya. Ada dompet makeup, bros pita, bros akrilik, dompet pensil, celemek anak dan lainnya. Semua produk itu dibuat dari kain perca.[](rel)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.