31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Meriahkan Pencanangan Gampong Layak Anak, Ruman Aceh Sediakan Pojok Baca

...

  • PORTALSATU
  • 20 September 2019 19:00 WIB

Foto: Ruman Aceh
Foto: Ruman Aceh

BANDA ACEH - Memeriahkan acara pencanangan Punge Blang Cut dan Jaya Baru sebagai gampong dan kecamatan layak anak oleh Wali Kota Banda Aceh, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh menyediakan pojok baca.

Pojok baca gratis tersebut digelar di halaman bagian dalam kompleks museum kapal pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Apung, gampong Punge Blang Cut, 19 September 2019, pagi hingga siang.

Ketua PKBM RUMAN Aceh, Rizky Sopya menuturkan, pihaknya berupaya maksimal agar bahan bacaan yang ditampilakan dan suasana di pojok baca itu menarik perhatian banyak orang.

“Puluhan buku bernas dan berkualitas kita hidangkan agar bisa dinikmati semua lapisan usia, terutama anak-anak sekolah yang menghadiri acara spesial ini,” ujar Rizky.

Buku-buku yang disajikan itu, Rizky melanjutkan, disumbangakan berbagai pihak dari dalam dan luar Aceh kepada taman bacaan masyarakat (TBM) RUMAN Aceh, satu dari 4 bagian di PKBM RUMAN Aceh.

Puluhan anak memadati ruangan terbuka yang disulap menjadi pojok baca. Mereka terlihat antusias memilih buku yang hendak dibaca. Bahkan, ada yang rela menanti giliran. Karena buku yang menarik hatinya, sedang dibaca orang lain.

“Walau pun ngantri, karena kawan saya duluan, tapi saya sangat senang. Bukunya bagus-bagus, ada gambar dan warnanya enak dilihat,” ujar Rian, salah seorang murid SD di Gampong Punge Blang Cut.

 Di antara buku yang menjadi rebutan pengunjung adalah serial “Muhammad SAW Teladanku”, “Ensiklopedia Bocah Muslim”, “Karakter Anak Islam”, Balita Berakhlak Mulia” dan lainnya.

PKBM RUMAN Aceh juga menyediakan photo booth (stan foto) bagi yang ingin berswafoto atau foto bersama yang menempel dengan lokasi pojok baca gratis. Praktis, hal ini semakin memanjakan para pengunjung.

“Yang ingin meminjam buku, bisa langsung ke pustaka kita yang dekat dari lokasi acara. Atau, bisa juga ke lapangan Blang Padang. Setiap pagi hari Minggu kita gelar wisata buku gratis minggu baca rame-rame atau MIBARA di sana”, pungkas Rizky.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.