25 September 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Murid TK RUMAN Ikuti Manasik Haji

...

  • portalsatu.com
  • 22 September 2017 17:50 WIB

BANDA ACEH – Puluhan murid Taman Kanak-kanak (TK) Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) mengikuti pengenalan manasik haji yang diadakan di sekolah mereka pada hari Rabu (20/9/2017) kemarin.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan musiman (tahunan) yang lazim digelar oleh PAUD yang membawahi KB (kelompok bermain) dan TK pada setiap bulan Dzulhijjah.

Kepala Bidang Kurikulum PAUD RUMAN, Fitri Mukirah menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan agar anak mendapatkan pengalaman keagamaan dan meningkatkan mutu pendidikan agama sejak dini.

“Sejak dini anak-anak kita kenalkan tentang keagungan beribadah dalam Islam. Termasuk haji yang menjadi rukun terakhir agama kita”, ujarnya.

Semua rukun haji dilakukan anak-anak bersama buru mereka dengan riang gembira. Terlebih lagi di momen tahallul. Pada momen ini, bunda guru berakting memotong sebagian rambut mereka dengan gunting.

Pada saat bersamaan, Kepala Sekolah PAUD RUMAN, Rizky Sopya S.Pd., menuturkan bahwa ini kali pertama pihaknya mengadakan pengenalan manasik haji.

“Ini pertama kali kita menggelar manasik haji di sekolah. Karenanya anak-anak sangat bersemangat. Bahkan, meski ada yang sedang kurang sehat, tetap mengikutinya penuh antusias”, ujar Rizky sembari tersenyum.

Seusai melaksanakan semua proses manasik haji, setiap anak foto di depan miniature Ka’bah yang dibuat oleh bunda-bunda guru. Lalu, foto per kelas bersama guru kelas masing-masing. Dari mulai Kelompok Bermain hingga TK B3.

Sebagai informasi, pada tahun ajaran 2017/2018 ini, total murid PAUD RUMAN berjumlah 73 anak. Sebanyak 47 anak dari kalangan dhuafa belajar secara gratis mulai pendaftaran hingga tamat nantinya.

Setiap mereka mempunyai donatur tetap yang menanggung biaya pendidikan mereka. Para donatur tetap itu berasal dari dalam dan luar Aceh. Bahkan, seorang diantaranya adalah warga negara asli Uni Emirat Arab.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.