23 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Di Lhokseumawe
Pelajar Sejumlah SMA Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba

...

  • portalsatu.com
  • 24 November 2019 22:20 WIB

Foto: dok. Wacana
Foto: dok. Wacana

LHOKSEUMAWE – Perwakilan pelajar dan guru dari sejumlah SMA sederajat di Lhokseumawe mengikuti sosialisasi pencegahan dan penanganan Narkoba. Kegiatan itu digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh bekerja sama dengan Wartawan Cegah Narkoba (Wacana) Aceh, di di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe, 22 November 2019.

Sosialisasi tersebut dibuka Kepala Dinas Pendidikan Aceh Cabang Lhokseumawe, Anwar. Dalam sambutannya, Anwar meminta para siswa selalu belajar dengan tekun agar menjadi generasi cerdas yang berguna bagi daerah dan negara serta membuat orang tua dan gurunya bangga.  

Anwar juga mengingatkan semua pelajar, jangan sampai terlibat Narkoba. Pasalnya, selain akan berurusan dengan hukum, Narkoba juga dapat menghancurkan masa depan generasi muda. Bahkan, orang yang kecanduan Narkoba berpotensi melakukan kejahatan lainnya, seperti mencuri karena butuh uang untuk membeli barang haram itu.

Menurutnya, untuk menghindari pengaruh Narkoba, pelajar juga harus memperdalam ilmu agama melalui pengajian, dan aktif dalam kegiatan positif, termasuk dalam bidang olahraga.

Kasubbid Ketahanan Ekonomi dan Sosbud Badan Kesbangpol Aceh, Surya Edi Rahman, yang hadir mewakili Kepala Badan Kesbangpol Aceh, mengatakan Narkoba merupakan musuh yang nyata dan salah satu kejahatan luar biasa. Dia menyebutkan, sebagai bentuk komitmen terhadap pencegahan penyalahgunaan Narkoba di Aceh, Badan Kesbangpol pada tahun 2016 menginisiasi lahirnya rancangan qanun tentang hal itu.

“Alhamdulillah, tahun 2018, sudah disahkan (oleh Pemerintah dan DPR Aceh) Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2018 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika. Qanun itu dilahirkan supaya kita semua terlibat dalam upaya pencegahan Narkoba, karena Narkoba dapat merusak generasi muda,” ujar Surya Edi Rahman.

Oleh karena itu, Surya Edi Rahman berharap semua pelajar SMA sederajat yang mengikuti sosialisasi tersebut menjadi Duta Anti-Narkoba untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah serta elemen lainnya memperluas kampanye bahaya Narkoba di lingkungan sekolah dan gampong-gampong.

Ketua Umum Wacana Aceh, Sugito Tassan, menyebutkan para pelajar yang merupakan kawula muda amat rentan terpengaruh Narkoba. Apalagi saat ini Narkoba mulai masuk ke lingkungan sekolah. Itulah sebabnya, penting sosialisasi pencegahan dan penanganan Narkoba kepada siswa SMA sederajat agar mengetahui bahaya barang haram tersebut. Sehingga mereka dapat menghindari peredaran dan penyalahgunaan Narkoba yang selama ini semakin meresahkan.

“Untuk melakukan pencegahan dan penanganan Narkoba, semua pihak terkait harus bersinergi. Selain itu, kegiatan sosialisasi seperti ini harus berkesinambungan supaya semakin banyak generasi muda yang mengetahui dampak buruk dari Narkoba, dan ikut bersama-sama melakukan pencegahan penyalahgunaan Narkoba,” ujar Sugito.

Dalam sosialisasi itu, panitia menampilkan sejumlah narasumber, di antaranya Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lhokseumawe AKBP Fakhrurrozi, guru SMKN 3 Lhokseumawe yang merupakan guru berprestasi di Aceh, Fadli Thalib, S.Pd., dan motivator/Ketua Sekolah Pemimpin Muda Aceh (SPMA), Roys Fahlevi.[](adv)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.