19 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 Kembali Dibuka, Ini Tahapannya

...

  • PORTALSATU
  • 04 March 2019 13:30 WIB

 Foto via bisnis.com
Foto via bisnis.com

JAKARTA -  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka kembali pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Senin, 4 Maret 2019.

"Ini (pendaftaran UTBK) sudah lancar," ujar Ketua LTMPT, Ravik Karsidi.

Untuk mengikuti UTBK, peserta harus mendaftar terlebih dahulu melalui laman http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id/ menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) untuk mendapatkan username dan password.

Setelah itu, pendaftar diminta untuk mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK perguruan tinggi negeri untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

Pembayaran dapat dilakukan di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.

Setelah membayar, pendaftar diminta melakukan login ke laman pendaftaran http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id/ untuk mencetak kartu peserta UTBK. Selanjutnya, peserta mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Adapun pendaftaran UTBK yang dibuka pada 1 Maret 2019, sempat ditutup sementara lantaran kendala teknis. Beberapa kendala tersebut meliputi permasalahan NPSN dan NISN serta sistem pembayaran host to host ke bank mitra LTMPT.

Masa pendaftaran UTBK Gelombang I masih cukup panjang, yakni hingga 24 Maret 2019.

Reporter: Denis Riantiza Meilanova.[]Sumber: bisnis.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.