20 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Political Club FISIP Unsyiah Bentuk Sekolah Anggaran

...

  • PORTALSATU
  • 10 March 2018 14:00 WIB

BANDA ACEH -- Forum Political Club Prodi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala berkerja sama dengan LSM Masyarakat Traparansi (MaTA) menginisiasi lahirnya Sekolah Anggaran.

Kepala Sekolah Anggaran Tarmizi mengatakan, Sekolah Anggaran lahir karena kondisi miris yang dinilai banyak terjadi penyimpangan pemakaian anggaran yang bisa mengarah pada indikasi korupsi.

“Sekolah ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, banyak yang ingin dicapai dalam sekolah ini, salah satunya peserta dapat mengimplementasikan ilmunya minimal sekali di gampong masing-masing. Sejak kehadiran dana desa, rasa was-was, terhadap gonjang-ganjing penggunaan dana desa semakin menjadi-jadi," ujar Tarmizi, Jumat, 9 Maret 2018.

Kurikulum di Sekolah Anggaran kata Tarmizi akan mengedepankan pemahaman mengenai mekanisme penyusunan anggaran dan mekanisme pembuatan laporan penggunaan anggaran. Idealnya kata dia, anggaran yang disusun dengan yang disahkan harus sama serapannya.

"Ataupun penggunaannya, kendati berbeda tentunya tidak boleh berbeda terlalu jauh," ujar Tarmizi.

Koordinator Political Club Munawwar menambahkan, sebagai pemuda para mahasiswa harus memberikan sumbangsih dan mengambil peran.

"Hal yang dapat kami lakukan sekarang adalah dengan menyiapkan generasi yang paham terhadap hal tersebut. Sehingga di kemudian hari kita dapat meminimalisir praktek penyimpangan pengunaan anggaran," ujar Munawwar.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.