19 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puluhan Anak Gampong Cot Bagi & Murid MIS Al-Ikhlas Sambangi MIBARA

...

  • PORTALSATU
  • 04 February 2019 10:30 WIB

Foto: istimewa/Ruman Aceh
Foto: istimewa/Ruman Aceh

BANDA ACEH – Wisata buku gratis MIBARA (minggu baca rame-rame) yang digelar TBM (taman bacaan masyarakat) RUMAN (rumah baca aneuk nanggroe) Aceh disambangi puluhan anak dari Gampong Cot Bagi dan murid MIS Al-Ikhlas.

Hal tersebut diungkapkan Pembina TBM RUMAN Aceh, Ahmad Arif selepas pelaksanaan MIBARA edisi ke 179 di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu 3 Februari 2019.

“Kita dikejutkan oleh kunjungan mereka. Sebab tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Untunglah Sabtu malam kemarin, ketika memilih bacaan bacaan yang hendak di bawa ke MIBARA, relawan kita telah menyediakan lebih banyak bacaan anak," ujar Arif

Gampong Cot Bagi, lanjut Arif, berjarak hampir 30 Km dari Lapangan Blang Padang. Tgk Muslim yang membawa rombongan tersebut dua kali menaiki bus Transkutaraja.

Pertama, dari halte dekat Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) menuju halte di depan Masjid Raya Baiturrahman. Kedua, dari depan Masjid Raya ke halte depan SMPN 11 yang berada di depan Lapangan Blang Padang.

“Luar biasa semangat dan perjuangan mereka untuk bisa sampai ke lapak kita. Begitu tiba, mereka langsung menyerbu beragam bacaan yang telah dihidangkan relawan MIBARA. Tampa rona bahagia pada wajah mereka ketika melihat, memilih dan membaca buku,” imbuh Arif.

Sementara itu, Tgk. Muslim mengungkapkan pula kebahagiannya. Ia merasa terharu bercampur bahagia melihat anak-anak gampongnya bisa menikmati buku dan majalah.

“Sudah lama skami merencanakan hal ini. Tapi baru sekarang bisa mewujudkannya. Kepada anak-anak sering saya perlihatkan foto-foto MIBARA yang diposting dalam fan page facebook RUMAN Aceh,” tutur Tgk. Muslim.

MIS Tahfiz Al Quran

Tak lama berselang dari sampainya anak-anak gampong Cot Bagi, tiba juga rombongan murid MIS Al Ikhlas yang berada di gampong Ajuen, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Namun, sebelum menyambangi lapak MIBARA. Puluhan murid sekolah yang mengkhususkan pada tahfizh (menghafal) Al Quran itu terlebih dahulu mengikuti beragam permainan.

“Hari ini memang kita sedang melakukan outing atau kegiatan luar sekolah. Salah satu agenda kita adalah mengarahkan anak-anak menikmati buku-buku di MIBARA. Anak-anak sangat senang bisa main kesini,” ungkap salah seorang guru.

Sebagai informasi, MIBARA digelar TBM RUMAN Aceh sejak 18 Mei 2014. Pada edisi ke 179 kemarin, RUMAN Aceh menerima sumbangan dari 4 orang pengunjung. Di antara mereka adalah DR. Sehat Ihsan Sadiqin yang menyumbangkan 6 buku.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.