21 August 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Putri Gayo Mahasiswi Unsyiah Terbaik III MTQ Mahasiswa Nasional di Malang

...

  • NUSI P SEURUNGKENG
  • 04 August 2017 21:20 WIB

Salmawani Samha. @Istimewa
Salmawani Samha. @Istimewa

TAKENGON - Salmawani Samha, 19 tahun, putri Gayo, berhasil meraih juara III Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional XV di Kota Malang. Ia merupakan perwakilan mahasiswi dari Fakultas MIPA, Jurusan Biologi, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Salmawani Samha ialah putri ketiga dari pasangan Salman Almizar dan Sabariah, warga Duren, Kecamatan Silih Nara, Aceh Tengah. Alumnus Panti Asuhan Yayasan Noordeen Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah itu, kini menduduki semester tiga di Jurusan Biologi, Unsyiah.

Samha, demikian nama panggilannya, ikut cabang hifzhil quran lima juz. Ada 181 putra dan putri yang mengikuti lomba cabang ini. Saat pengumuman pemenang pada Kamis, 3 Agustus 2017 malam, di kampus Universitas Brawijaya Malang, Salmawani Samha ditetapkan sebagai peserta terbaik III setelah Fahrunnisa mahasiswi Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah terbaik I serta Wa Ode Jati Ilmadarajat mahasiswi Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara terbaik II.

MTQ mahasiswa tingkat nasional tahun ini diikuti lebih 2.400 mahasiswa mewakili 281 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Ada 13 cabang diperlombakan dalam MTQ diselenggarakan di Malang, 28 Juli - 3 Agustus 2017.

"Terima kasih atas dukungan semua pihak," tulis Salmawani Samha dalam keterangan tertulis diterima portalsatu.com, 4 Agustus 2017.

Salmawani Samha pernah mengikuti MTQ Provinsi Aceh di Nagan Raya di cabang fahmil quran dari kafilah Aceh Tengah. Ia juga menyabet juara I lomba hifzhil quran diadakan LPQH Darul Huffazh di Masjid Agung Ruhama Takengon tahun 2015. Terbaik II hafal Aquran yang dilaksanakan Dinas Syariat Islam Aceh Tengah tahun 2016.

Beru Gayo yang berkacamata ini juga mahir bahasa Inggris dan lihai dalam ilmu matematika. Ia pernah mewakil pelajar SMA Aceh Tengah di ajang tingkat Provinsi Aceh dalam lomba hitung cepat diselenggarakan Fakultas Teknik Unsyiah di Banda Aceh.[] (*sar)

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.