05 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Rambu-rambu Belajar di Rumah dalam Libur Corona

...

  • portalsatu.com
  • 29 March 2020 16:32 WIB

Belajar di rumah saat wabah. @Razi/portalsatu.com
Belajar di rumah saat wabah. @Razi/portalsatu.com

Setidaknya kegiatan belajar siswa secara formal akan "dialihkan" ke rumah dengan pendampingan orangtua murid hingga akhir masa siaga darurat  sebaran virus corona, pertanggal 29 Mei 2020.

Dalam keterangan rilisnya di beberapa media daring, kemarin, mendikbud RI  menyampaikan beberapa poin penting dalam penerapan belajar di rumah ini.

Pertama, fleksibel. Acuan materinya tidak mesti mencakup semua target kurikuler. Yang diutamakan adalah ketercapaian makna dalam belajar anak, menambah pengalaman dan tidak membosankan.

Kedua, secara khusus, kontekstualisasi pembelajaran dikaitkan dengan pandemi covid 19 sebagai bagian life sklil. Konteks ini bisa dikaitkan dengan aspek religi ataupun ilmu pengetahuan, penguatan pemahaman dan variabel lainnya.

Ketiga, kegiatan belajar di rumah tidak mutlah berbasis akademik. Kegiatannya bisa beragam dan lebih menekankan pada aspek keterampilan langsung dan karakter. Misal, kemandirian, kejujuran, sikap spiritual dan mengasah keterampilan teknis yang disesuaikan dengan nilai nilai hidup siswa.

Keempat, tidak terikat pada evaluasi yang utuh sebagaimana keadaan normal. Evaluasi dapat dilakukan secara daring dan di sekolah bila kondisi telah normal.

Kelima, yang terpenting para siswa merasakan  pengalaman belajar yang bermakna dalam masa dua belan ke depan, hal ini diperlukan agar intelektualitas, fisik dan sikap mereka tetap bergairah serta penuh semangat menatap hari depan.[]

Taufik Sentana
Praktisi pendidikan Islam

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.