08 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Rektor Paparkan Mimpi Besar Unimal di Hadapan Wisudawan

...

  • PORTALSATU
  • 20 November 2019 16:00 WIB

LHOKSEUMAWE - Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal), Dr. Herman Fithra, S.T., M.T., ASEAN.Eng., mengatakan seiring perkembangan teknologi, Unimal sedang mempersiapkan visi misi baru sesuai dengan visi misi Presiden RI. Dengan centre of excelent adalah inovasi teknologi pertanian untuk mendukung energi terbarukan.

"Unimal yang sudah mempunyai magister teknik energi terbarukan yang terus mengembangkan diri dengan merajut kerja sama dengan Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Pertanian RI untuk mempercepat terwujudnya centre of excelent tersebut," ujar Herman Fithra dalam sambutannya pada acara Wisuda Angkatan XXIII Sesi II, di Gedung Olahraga (GOR) PT Perta Arun Gas (PAG), Lhokseumawe, Rabu, 20 November 2019.

Menurut Herman Fithra, sejak April 2019 lalu sudah dimulai kegiatan pembangunan SDM dan fisik di Unimal yang dibiayai Asian Development Bank (ADB). "Tahun ini adalah proses pengiriman dosen untuk program doktoral ke luar negeri, magang dosen dan tendik di dalam dan luar negeri, serta keikutsertaan dosen dalam seminar di luar negeri," ungkapnya.

Sedangkan dalam pembangunan fisik adalah finalisasi penyiapan detail engineering design (DED) untuk ketujuh fakultas. Tiga fakultas berada di Kampus Reuleut yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, dan FKIP serta empat fakultas di Kampus Bukit Indah, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, dan FISIP. 

"Pembangunan direncanakan mulai akhir 2020 mendatang. Sedangkan delapan gedung lainnya, tahun depan mulai dilakukan pelelangan DED. Diharapkan pada 2024 Universitas Malikussaleh sudah memiliki 15 gedung baru untuk mendukung proses pembelajaran dan riset sehingga akan menjadi kampus unggul di Indonesia pada 2025," tutur Herman Fithra.

Menurut Herman Fithra, seluruh mimpi besar itu tidak akan terwujud tanpa dukungan semua pihak, termasuk para wisudawan yang hari ini menjadi alumni. "Perjuangan para wisudawan sekalian belum berakhir, bahkan baru saja dimulai. Tanggung jawab mengabdikan ilmu kepada nusa dan bangsa, tanggung jawab menjaga nama baik almamater, tanggung jawab kepada orang tua, diri sendiri, serta tanggung jawab kepada Allah, harus terus berada di atas pundak para wisudawan," ucapnya.

Hibah Aset

Herman Fithra menjelaskan, prosesi wisuda kali ini terasa berbeda dengan sebelumnya karena mengambil tempat di GOR PT PAG atau bekas PT Arun NGL. "Langkah ini kami ambil dengan mempertimbangkan banyak hal dalam memberikan rasa nyaman bagi wisudawan, orang tua wisudawan, para undangan, serta semua pihak yang terlibat dalam momen bersejarah ini".

"Selain faktor cuaca dan berbagai kemudahan fasilitas lainnya, tempat ini kami pilih dilandasi semangat mendapatkan hibah sarana prasarana dan perumahan bekas PT Arun di Jalan Balikpapan seluas 48 hektare. Proses mengalihkan kepemilikan aset tersebut untuk kepentingan pendidikan sudah dirintis sejak 2016 lalu," tutur Herman Fithra.

Mengingat pentingnya sarana prasarana tersebut bagi kemajuan pendidikan di Aceh dan nasional, Rektor Unimal mengharapkan dukungan luas dari Forkompimda Aceh, Forkompimda Aceh Utara, Forkompimda Lhokseumawe, alim ulama, partai politik, tokoh masyarakat, warga lingkar kampus, alumni, dunia industri, mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat, serta khususnya Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan.

"Universitas Malikussaleh membutuhkan sarana prasana dan bekas perumahan PT Arun tersebut untuk memberikan akses pendidikan seluas-luasnya bagi seluruh anak bangsa di seantero negeri, mulai Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, serta untuk pengembangan Universitas Malikussaleh ke depan,' ujar Herman Fithra.

Herman Fithra menyebutkan, saat ini Unimal memiliki 39 program studi yang terdiri dari program D-III, sarjana, magister, dan profesi. Sampai tahun 2022 mendatang, Unimal merencanakan akan mempunyai 72 prodi yang sesuai dengan potensi daerah serta perkembangan teknologi. "Sekarang ini kami sudah memproses 12 program studi baru," ucapnya. 

Oleh karena itu, lanjut Herman Fithra, kebutuhan sarana prasarana dan ruang perkuliahan, ruang laboratorium, ruang diskusi mahasiswa, ruang kegiatan kemahasiswaan serta ruang riset sangatlah mendesak saat ini. "Dukungan dari seluruh pihak untuk membantu percepatan proses hibah sarana prasarana dan perumahan bekas PT Arun tersebut akan menjadi bukti sejarah di mana semua pihak bersinergi dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan dan peradaban di Aceh khususnya serta di Indonesia umumnya," ucap Rektor Unimal itu.   

Herman Fithra menambahkan, Unimal dengan tujuh fakultas dan 39 prodi mempunyai mahasiswa sebanyak 21.000-an di mana yang aktif sekitar 17.000-an dan 3.000-an nonaktif. Jumlah mahasiswa ini akan terus bertambah dan bisa mencapai 30.000-an  seiring dengan pengembangkan menjadi 72 prodi pada tahun 2022 mendatang.

Namun, Unimal tidak hanya fokus pada pertumbuhan prodi baru yang sesuai potensi daerah serta perkembangan teknologi di berbagai bidang. Peningkatan kualitas prodi juga menjadi perhatian kami. Saat ini sudah ada prodi yang terakreditasi A, yaitu di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Insya Allah, ke depan kita akan memberikan ucapan selamat kepada prodi lain di FISIP, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, serta FKIP yang juga akan mendapatkan Akreditasi A.

"Sekali lagi saya ucapakan selamat kepada para wisudawan. Pupuklah rasa cinta dan kebanggaan terhadap almamater. Tetaplah menjadi bagian dari perjuangan mewujudkan mimpi Unimal Hebat. Hari ini dan esok para wisudawan sudah menjadi pribadi yang lain, yang lebih sukses, yang lebih cerdas, dan lebih bertanggung jawab. Semuanya mungkin berubah, tapi tetaplah merindukan Kampus Unimal. Kerinduan terhadap Unimal itu tidak berat, bahkan penuh dengan kenangan indah untuk diceritakan kepada anak cucu kelak," ucap Rektor Unimal, Herman Fithra.

Untuk diketahui, Unimal menggelar wisuda 1.221 mahasiwa angkatan XXIII dalam tiga sesi di GOR Kompleks Perumahan PT PAG, Batuphat, Lhokseumawe, 20-21 November 2019. Dari jumlah tersebut, 230 mahasiswa lulus dengan pujian atau cum laude.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unimal, Jullimursyida Ph.D., menyebutkan wisuda angkatan XXIII dilakukan dalam tiga sesi mengingat jumlah mahasiswa sangat banyak, terdiri dari sarjana, profesi, dan magister.  “Setiap sesi, terdapat 407 wisudawan,” ujar Jullimursyida.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.