26 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Rektor Unimal Resmikan Kantor Lembaga Inovasi dan Inkubator Bisnis

...

  • PORTALSATU
  • 31 December 2018 15:30 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

LHOKSEUMAWE - Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal), Dr. Herman Fithra, M.T., meresmikan Kantor Lembaga Inovasi dan Inkubator Bisnis Unimal di Gedung II, Lantai 3, Kampus Unimal Lancang Garam Lhokseumawe, Senin, 31 Desember 2018.

Kepala Lembaga Inovasi dan Inkubator Bisnis Unimal, Dr. Ibrahim Qamarius, menjelaskan setelah peresmian ini, pada awal tahun 2019 langsung beraktivitas di kantor baru. Ruangan kantor terdiri dari ruang pimpinan, ruang staf, ruang tenant/startup, ruang pelatihan/seminar dan ruang meeting. "Alhamdulillah kantor yang baru sudah sesuai dengan harapan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI)".

“Ke depan Kemenristekdikti mewajibkan semua Perguruan Tinggi memiliki Organisasi Manajemen Inovasi (OMI), karena inovasi sudah menjadi penilaian khusus untuk akreditasi dan pemerangkingan Perguruan Tinggi di Indonesia. Saat ini Kemenristekdikti sudah melakukan Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) tentang Manajemen Inovasi di Perguruan Tinggi dan Rancangan Permenristekdikti tentang Pengukuran dan Penetapan Tingkat Kesiapan Inovasi," katanya. 

Kemenristekdikti telah mengundang para Direktur di lingkungkan Kemenristekdikti, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri serta badan peneliti dan lembaga pengembangan kementerian untuk uji publik tersebut yang diselenggarakan di Hotel Grand Savero Bogor, Selasa, 6 November 2018.

"Insya Allah Permen ini segera ditandatangani oleh Menristekdikti, dan rencananya Permen tersebut bisa di mulai pada tahun 2019," ujarnya. 

Selain itu, Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) akan melakukan akreditasi lembaga dan sertifikasi profesi pengelola Inkubator Bisnis Teknologi (IBT). Kedua program ini diimplementasikan dalam mendorong kemajuan IBT dan menjamin mutu pengelolaan dan pelayanan IBT di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, Lembaga Inovasi dan Inkubator Bisnis Unimal akan berusaha menyesuaikan dengan harapan Kemenristekdikti, AIBI dan stakeholder lainnya termasuk penyediaan ruangan yang pemakaiannya diresmikan hari ini.

Ibrahim melanjutkan, "Alhamdulillah salah satu startup binaan Ikubator Bisnis Unimal, Nurhanifa dari PT Fugha Pratama Mandiri menjadi salah satu starup/tenant terbaik Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Kemenristekdikti 2018. Insya Allah Nurhanifa bersama 10 startup lainnya dari seluruh Indonesia mendapat kesempatan workshop ke Inggris selama seminggu, dengan semua biaya ditanggung pemerintah Inggris".

Untuk Program PPBT Batch I tahun 2019, sebanyak 9 startup binaan Inkubator Bisnis Unimal telah diundang oleh Kemenristekdikdti oleh presentasi di Jakarta. Sedangkan pada Program PPBT Batch II untuk pembiayaan tahun 2019, lebih 20 startup telah mendaftar ke Inkubator Bisnis Unimal. Dengan demikian Lembaga Inovasi dan Inkubator Bisnis Unimal perlu menyesuaikan dengan harapan Kemenristekdikti, AIBI dan stakeholders lainnya, baik kompetensi tenaga pengelola, pendamping startup/tenant, fasilitas kantor, dll.

Peresmian Kantor Lembaga Inovasi dan Inkubator Bisnis Unimal dirangkai dengan Seminar Bisnis "Startup; Peluang dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0" dengan pemateri Prof. Dr. Apridar, S.E., M.Si.[](rel)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.