16 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sejumlah Kepala Pustaka Diskusikan Format Ideal Perpustakaan di UIN Ar-Raniry

...

  • PORTALSATU
  • 03 August 2017 22:00 WIB

BANDA ACEH – Sejumlah Kepala UPT Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam dari berbagai kampus di Indonesia mendiskusikan sejumlah hal krusian terkait perpustakaan.

Diskusi berlangsung di ruang pertemuan UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Rabu malam, 2 Agustus 2017.

Kepala UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Khatib A. Latief, selaku tuan rumah kegiatan ini mengatakan, pertemuan ini membahas sejumlah hal penting seperti terkait dengan eksistensi dan tantangan perpustakaan ke depan.

“Seperti struktur organisasi perpustakaan, eselonisasi pustakawan, anggaran pustakawan, akreditasi perpustakaan, dan standar minimum perpustakaan,” katanya melalui siaran pers, Kamis, 3 Agustus 2017.

Dalam diskusi bertajuk Eksistensi dan Tantangan Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam itu, para kepala perpustakaan memaparkan kondisi riil perpustakaan di kampus mereka. Termasuk pola pembinaan dari pimpinan dan model penganggaran.

Diskusi ini kata dia juga membahas format peran Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS). Ke depan asosiasi itu diharapkan menjadi mitra pemerintah melalui Kementeriah Agama, untuk merumuskan kebijakan yang menempatkan perpustakaan sesuai dengan peran dan tugasnya di perguruan tinggi.

“Perpustakaan sangat penting dan menjadi kunci keberhasilan akreditasi prodi. Karena itu APPTIS perlu kerjasama dengan Diktis merumuskan regulasi yang mendorong pimpinan perguruan tinggi memperhatikan kemajuan perpustakaan,” katanya.

Hadir dalam pertemuan ini Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Labibah Zain, Kepala Perpustakaan UIN Bandung Ija Sudjana, Kepala Perpustakaan IAIN Bengkulu Ali Akbarjono, Kepala Peprustakaan IAIN Ample Siraj Arifin.

Hadir juga Kepala Peprusakaan IAIN Tulung Agung Samsul, Kepala Perpustakaan IAIN Surakarta Solo Erland, Kepala Perpustakaan IAIN Jember Alfis, dan Kepala Perpustakaan Pekalongan Abdu Aziz.

Labibah Zain selaku Ketua APPTIS Pusat sangat mengapresiasi pertemuan ini dan berharap akan ada pertemuan lanjutan untuk mengevaluasi tindak lanjut dari rekomendasi pertemuan.

“APPTIS Pusat akan dilantik pada awal November 2017 dan diharapkan punya waktu untuk mempresentasikan hasil-hasil diskusi yang dilaksanakan termasuk hasil rekomendasi pertemuan di Solo,” katanya.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.