24 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


STAIN Meulaboh Buka Pendaftaran Jalur SPAN-PTKIN

...

  • PORTALSATU
  • 29 January 2019 12:00 WIB

Inayatillah. Foto: Humas STAIN Tgk Dirundeng
Inayatillah. Foto: Humas STAIN Tgk Dirundeng

MEULABOH - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh menerima mahasiswa baru dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2019/2020. 

Tahun ini, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh menerima 810 mahasiswa baru dari tiga jalur pendaftaran. Yaitu jalur SPAN-PTKIN 243 orang, UM-PTKIN 324 orang dan seleksi Mandiri 243 orang. Kuota tersebut sama seperti tahun lalu.

Masing-masing jalur memiliki kuota, 40 persen dari kuota mahasiswa baru untuk SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, serta 20 persen untuk SPMB Mandiri. “SPAN-PTKIN tahun ini kuotanya turun, mengikuti aturan nasional agar lebih selektif,” ujar Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag., 28 Januari 2019.

Mahasiswa baru yang mendaftar di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, melalui jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan Mandiri dapat memilih sebelas program studi.

Adapun jumlah mahasiswa yang diterima pada masing-masing program studi dari tiga jalur pendaftaran, yaitu untuk Jurusan Tarbiyah dan Keguruan program studi Pendidikan Agama Islam, 90 orang, Pendidikan Bahasa Arab 60 orang, Manajemen Pendidikan Islam 60 orang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 120 orang.

Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam 60 orang, Ilmu Al-quran dan Tafsir 30 orang dan Pengembangan Masyarakat Islam 30 orang.

Sedangkan Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah 120 orang, Perbankan Syariah 150 orang, Hukum Pidana Islam 30 orang, dan Hukum Tata Negara Islam 60 orang.

Inayatillah menyebutkan, pendaftaran SPAN sudah dibuka sejak dilaunching oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, 23 Januari 2019. SPAN dan UM-PTKIN merupakan langkah awal untuk melakukan perbaikan kualitas PTKIN. 

“Kualitas PTKIN pada dasarnya dapat dilihat dari output atau keluaran yang dihasilkan. Seberapa besar dampak bagi kehidupan, baik negara bangsa, maupun peradaban dunia,” katanya.

Madrasah, sekolah atau pesantren muadalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN ini adalah yang terakreditasi. Pesantren Muadalah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

Adapun jadwal SPAN yaitu, pengisian dan verifikasi PDSS serta pendaftaran pada 23 Januari sampai 28 Februari 2019. Proses seleksi 8-22 Maret 2019. Pengumuman hasil seleksi 1 April 2019 dan daftar ulang peserta 6-10 Mei 2019. Informasi terkait SPAN ini dapat diakses melalui website www.span-ptkin.ac.id dan www.staindirundeng.ac.id.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.