23 May 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


TK RUMAN Aceh Lanjutkan Kemitraan dengan Puskesmas Jaya Baru

...

  • portalsatu.com
  • 16 March 2018 14:02 WIB

TK Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh melanjutkan kemitraannya dengan Puskesmas Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, Rabu 14/3/2018. @Ist
TK Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh melanjutkan kemitraannya dengan Puskesmas Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, Rabu 14/3/2018. @Ist

BANDA ACEH – Sekolah taman kanak-kanak (TK) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh melanjutkan kemitraannya dengan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Kegiatannya bisa berupa penyuluhan kesehatan diri, sosialisasi proses dan tahapan tumbuh kembang anak. Bisa pula melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, lingkar lengan. Sesekali dalam bentuk pemberian vitamin dan makanan sehat.

Pada hari Rabu (14/3/2018) pagi kemarin, diadakan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut buat semua murid TK RUMAN Aceh. Dari kelas KB (kelompok bermain), TK kelas A hingga TK kelas B yang sebentar lagi akan memasuki jenjang Sekolah Dasar.

Hadi dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekolah TK RUMAN Aceh, Rizky Sopya S.Pd yang didampingi guru-guru. Dari Puskesmas Jaya Baru, hadir seorang dokter gigi yang ditemani 3 perawat gigi. Juga ada beberapa orang tua murid yang sedang menunggu anaknya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu dari program kemitraan kita dengan pihak lain. Tanpa terasa, Puskesmas Jaya Baru telah menjadi mitra utama kita sejak TK RUMAN Aceh dimulai pada tahun ajaran 2015/2016 lalu”, ujar Rizky.

Setelah memperkenalkan diri, tim Puskesmas Jaya Baru memberikan penyuluhan tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dua anggota tubuh yang sangat vital bagi kehidupan manusia.

Anak-anak terlihat sangat antusias, mengacungkan tangan hendak bertanya secara bergantian. Karena tim Puskesmas Jaya Baru menyampaikan meterinya dengan cara yang menyenangkan dan ramah anak.

Setelah penyuluhan, anak-anak langsung praktek cara sikat gigi dengan benar di ruang belakang. Kepada setiap anak diajari cara sikat gigi yang tidak hanya sebelah kanan dan kiri. Juga dari arah atas ke bawah, bawah ke atas, dari dalam ke luar dari belakang ke depan sambil memutar.

Sebagai informasi, di tahun ketiganya berkhidmah, TK RUMAN Aceh mempunyai murid 83 anak, 53 di antaranya merpakan keluarga dhuafa, mereka bersekolah secara gratis. Sedangkan 18 anak berbayar setengah dan 12 lainnya berbayar penuh.

Setiap anak yang gratis memiliki donatur tetap yang menanggung biaya sekolah mereka setiap bulan sebesar Rp 270.000. Para donatur itu tidak hanya dari dalam Aceh. Juga banyak dari luar Aceh. Bahkan, seorang donatur adalah warga negara Uni Emirat Arab.[] (rel)

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.