26 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Libur Idul Adha Dayah Babussalam
Tu Sop: Dari Peureudee Seukee ke Surga Lebih baik daripada dari Istana ke Neraka

...

  • portalsatu.com
  • 06 August 2019 09:00 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JEUNIEB - Rais 'Am atau Pimpinan Yayasan Pendidikan Islam Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb, Bireuen, Tgk. H. M. Yusuf A. Wahab akrab disapa Tu Sop, menjelaskan, kehidupan yang santri jalani di dayah selama ini tidak ada yang enak. Tidur tidak cukup, makan tidak teratur dan banyak hal lain yang tidak mengasyikkan.

"Intinya hal ini tidak mudah dijalani oleh semua orang," ujar Tu Sop dalam tausiah singkat di hadapan ratusan santri dayah itu, Selasa, 6 Agustus 2019 dini hari, dalam acara perpisahan santri dengan dewan guru menyambut libur Hari Raya Idul Adha 1440 H. 

Menurut Tu Sop, siapapun santri yang sanggup menjalani masa sulit selama menempuh pendidikan di dayah maka kelak akan mendapatkan berkah bagi yang istikamah. "Ingatlah jalan menuju surga selalu terjal. Hadapi itu semua niscaya kita akan memetik hasilnya nanti". 

"Dari pereude seuke ke surga lebih baik daripada dari istana ke neraka," sebut Tu Sop yang juga Ketua Umum Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA). 

Di akhir tausiah-nya, Tu Sop berpesan kepada seluruh santri agar menjadi agen kebaikan saat di kampung. Setidaknya menjadi haris/piket di rumah untuk mengingatkan orangtua dan sanak saudara melakukan ibadah wajib shalat dan lainnya.

Untuk diketahui, Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb resmi meliburkan seluruh santrinya baik dari santri Salafi maupun santri Assalam Islamic School menjelang Idul Adha 1440 H. . 

Ketua Umum Yayasan Pendidikan Islam Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb, Tgk. Ihsan M. Ja'far, menyebut libur Idul Adha kali ini selama 15 hari, 5-20 Zulhijjah 1440 H bertepatan dengan 6-21 Agustus 2019.

Tgk. Ihsan yang juga Ketua Ikatan Penulis Santri Aceh (IPSA) melanjutkan, santri dayah tersebut dibolehkan dijemput oleh walisantri mulai Selasa, 6 Agustus. Kemudian kembali masuk asrama pada Rabu, 21 Agustus 2019, batas akhir sebelum shalat Isya.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.