19 October 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tumpas Kejahatan Akademik, FISIP UIN Ar-Raniry Launching Academic Writing Center

...

  • PORTALSATU
  • 03 October 2019 13:50 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDA ACEH - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Ar-Raniry me-launching Academic Writing Center di gedung fakultas itu, di Darussalam, Banda Aceh, Kamis, 3 Oktober 2019.

FISIP UIN Ar-Raniry menyatakan, plagiasi di dunia akademik merupakan tindak kejahatan yang tidak boleh ditolerir dan harus diberantas tuntas. Salah satu upaya yang ditempuh FISIP UIN Ar Raniry adalah dengan melakukan langkah pencegahan tindak plagiasi melalui pendirian Academic Writing Center. 

Dr. Muhammad AR, M.Ed., sebagai pembina  menjelaskan bahwa hadirnya Pusat Studi Penulisan Akademik ini menunjukkan niat serius FISIP UIN Ar-Raniry untuk berperan aktif mencegah dan sekaligus ikut menumpas terjadinya kejahatan akademik, yang sering disebut sebagai writing crime. "Salah satu bentuk writing crime adalah tindak plagiasi, yaitu mencuri atau membajak hasil karya orang lain, kemudian mengakui hasil karya tersebut sebagai miliknya," kata Muhammad.

Dekan FISIP UIN Ar-Raniry, Dr. Ernita Dewi, M.Hum., dalam sambutan sekaligus me-launching Academic Writing Center mengatakan upaya menghadirkan sebuah pusat studi penulisan ilmiah merupakan gagasan cemerlang. Sebagai pimpinan, ia tentu mendukung setiap upaya bersama untuk membantu mahasiswa, dosen dan para penulis dalam mengembangkan ide-ide penulisan yang orisinal agar menjadi sebuah karya ilmiah berkualitas, tanpa harus menjiplak karya tulis orang lain.

"Keluarga besar FISIP UIN Ar Raniry tentunya bangga, karena ini merupakan yang pertama ada di UIN Ar-Raniry. Kita berharap, semoga upaya FISIP ini bisa segera bersinergi dan berkolaborasi dengan fakultas-fakuktas lain, sehingga menjadi sebuah gerakan di level universitas, yang tentu lebih besar dampaknya, bagi kemajuan penulisan akademik di UIN Ar Raniry secara khususnya, dan di Aceh pada umumnya," ujar Ernita Dewi.

Ketua Academic Writing Center, Muazzinah, MPA., mengatakan bahwa pentingnya mencegah kejahatan akademik karena disadari atau tidak, melakukan tindak pencurian atau pembajakan karya orang lain  merupakan tindakan yang dapat mematikan nilai kejujuran. "Lantas, apa artinya nilai kecerdasan intelektual tanpa nilai kejujuran? Tentu kita tidak menginginkan adanya orang cerdas yang tidak jujur. Ini tidak berarti apa-apa untuk memajukan Aceh menjadi lebih baik," tuturnya.

Mahasiswa antiplagiasi

Selain launcing Academic Writing Center, Dekan FISIP UIN Ar-Raniry juga melantik pengurus "Klub Mahasiswa Anti-Plagiasi". SK kepengurusan "Klub Mahasiswa Anti-Plagiasi" diberikan kepada Putri Mahzaniar yang diserahkan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FISIP, Ade Irma, B.H.Sc., M.A. Dia menjelaskan bahwa klub ini merupakan perpanjangan tangan dosen kepada mahasiswa sebagai gerakan moral bagi semua mahasiswa untuk menanamkan pada diri "Say No Plagiarism". 

Acara launching ini juga dihadiri sivitas akademika FISIP UIN Ar-Raniry dan para kepala laboratorium di lingkungan UIN Ar-Raniry serta pemateri dari UIN Sumatera Utara, Drs. Muhammad Aswin, MAP., yang membahas tentang "Menulis sebagai Media Kritik dalam Ruang Demokrasi".[](rilis

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.