14 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


UIN Ar Raniry Pertegas Titik Nol Peradaban Islam Melalui Seminar Internasional

...

  • portalsatu.com
  • 03 December 2017 14:20 WIB

BANDA ACEH – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry menjadwalkan kembali seminar internasional masuknya Islam di Nusantara pada Selasa, 5 Desember 2017 mendatang. Kegiatan yang merupakan hasil rekomendasi seminar nasional lalu ini akan dipusatkan di Aula Asrama Haji, Banda Aceh.

“Berdasarkan hasil rekomendasi seminar nasional beberapa waktu yang lalu, kita sepakat kembali menggelar seminar internasional dengan menghadirkan lebih banyak pakar untuk memperjelas titik nol masuknya Islam ke Indonesia," kata Ketua Panitia Seminar Intenasional Masuknya Islam di Nusantara, Nasruddin AS, melalui siaran pers yang diterima portalsatu.com, Minggu, 3 Desember 2017.

Menurutnya, berdasarkan hasil seminar nasional yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, semua menyepakati bahwa Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, bukan merupakan titik nol masuknya Islam ke Nusantara. Seminar tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, seperti Prof Dr Azyumardi Azra MA CBE (mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta), Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA (Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh), dan sejarawan Aceh, Dr. Husaini Ibrahim, MA.

Dalam seminar nasional itu juga memunculkan tiga teori berbeda terkait kawasan titik nol Islam di Nusantara. Azyumardi Azra mengungkapkan bahwa titik nol Islam di Nusantara berada di Pasai. Sementara Farid Wajdi memaparkan kalau titik nol Islam berada di Peureulak, Aceh Timur. Pendapat berbeda juga disampaikan Husaini Ibrahim yang menyimpulkan titik nol Islam di Nusantara berada di Lamuri, Aceh Besar.

Munculnya tiga teori berbeda terkait titik nol Islam di Nusantara inilah yang membuat UIN Ar Raniry kembali menggelar seminar masuknya Islam di Nusantara. Kali ini, panitia turut menghadirkan sejumlah narasumber dari University Malaysia yaitu Prof. Dr. Othman Mohd. Yatim. Selain itu, panitia juga mengundang Prof. Dr. Oman Fathurrahman, MA (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, MA (UIN Ar-Raniry Banda Aceh), Dr. Phill. Ichwan Azhari, MA (Universitas Negeri Medan) dan Dr. Tgk. Ajidar Matsyah, Lc, MA (UIN Ar-Raniry Banda Aceh).[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.