26 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Baabul Munawwar, Masjid di Indonesia yang Tersembunyi di Perut Bumi

...

  • KUMPARAN.com
  • 06 May 2019 22:00 WIB

Masjid Baabul Munawwar, Papua Foto: Wikimedia Commons
Masjid Baabul Munawwar, Papua Foto: Wikimedia Commons

Di balik hiruk pikuk tugas dan hectic-nya para pekerja, siapa sangka PT Freeport Papua punya rumah ibadah yang tak biasa. Adapun keunikannya terlihat dari lokasinya.

Adalah Masjid Baabul Munawwar, yang berada di kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan bumi. Berlokasi di Tembagapura, Kota Timika, di area pertambangan PT Freeport Papua, masjid ini diresmikan pada Juni tahun 2016 lalu.

Mengingat lokasinya yang berada di bawah tanah, maka tidak heran bila Masjid Baabul Munawwar tak memiliki kubah, namun dilengkapi dengan alat berteknologi canggih yang berguna untuk mengatur sirkulasi udara.

Walau begitu, masjid ini mampu menampung sekitar 250 jamaah. Di masjid ini para karyawan dapat melaksanakan ibadah shalat lima waktu bahkan shalat tarawih seperti saat-saat Ramadhan sekarang ini.

Tak hanya itu, menurut beberapa sumber Masjid Baabul Munawwar memegang rekor MURI sebagai masjid terdalam di Indonesia. Tapi, masjid ini tak sendiri, ada pula Gereja Oikumene Soretia yang mendapat penghargaan serupa.

Teguh, karyawan departemen konstruksi tambang Deep Mill Level Zone (DMLZ) Freeport, Timika, Papua, menuturkan bila di perusahaan tempatnya bekerja selalu memperhatikan hal kecil, seperti persiapan buka puasa. Setiap karyawan Muslim akan didata, agar saat buka puasa tiba, mereka bisa menghentikan aktivitasnya untuk berbuka.

"Berbuka bersama dalam suasana seperti ini terasa unik. Karena bagaimana pun kami ada ratusan meter dari permukaan tanah. Kesempatan untuk tetap bisa bekerja sekaligus menjalankan ibadah adalah sesuatu yang patut kami syukuri," kata dia.

Masjid Baabul Munawwar dan Gereja Oikumene memang sengaja dibangun bersebelahan untuk melambangkan toleransi umat beragama.

Penulis: Bella Cynthia Ratnasari.[]Sumberkumparan.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.